Budidaya Tanaman Obat Keluarga untuk Mengaktualisasi Program Go Green di SMK Telkom Makassar

Nova Clarsa Salsabeilla(1*), Sitti Aisya Nur(2), Aulia Nurul Iftitah(3), Sasmita Sasmita(4), Firawati Firawati(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tanaman berkhasiat obat telah mengalami percepatan hingga pada penemuan obat maupun teknologi baru. Dari perkembangan tersebut, tanaman obat keluarga tidak hanya digunakan sebagai pembuatan obat saja namun juga dapat digunakan sebagai tanaman hijau dalam pelaksanaan program Go Green. Budidaya tanaman obat keluarga ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan tentang berbagai jenis tanaman obat keluarga yang dapat ditanam sekaligus cara penanaman dan perawatannya yang dapat dilakukan untuk mengaktualisasi program go green di SMK Telkom Makassar. Pengabdian ini dimulai dengan memperkenalkan jenis-jenis dan juga fungsi dari tanaman obat keluarga kemudian melakukan praktik penanaman sekaligus perawatan tanaman obat keluarga yang baik dan benar. Dari kegiatan ini dapat dilihat perubahan di lingkungan sekolah dengan adanya tanaman-tanaman baru berupa tanaman obat keluarga, adapun guru dan siswa SMK Telkom Makassar dapat melihat dan mengetahui jenis-jenis tanaman obat yang dapat ditanam baik di sekitar sekolah ataupun di rumah.

Keywords


Budidaya Tanaman; Obat Keluarga; Program Go Green

Full Text:

PDF

References


Duaja MD, Kartika E, Mukhlis F. Peningkatan kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan wanita dalam pemanfaatan pekarangan dengan tanaman obat keluarga (TOGA) di kecamatan Geragai. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 2011;52:74-9.

Firda N. 2019. Budi Daya Tanaman Soka. Lokasi Aksara : Bumi Serpong Damai, Tanggerang.

Hakim R. 2000. Thesis Analisis Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Kota DKI Jakarta, Institut Teknologi Bandung.

Lestaridewi, Ni Ketut. 2017. Kajian Pemanfaatan Tanaman Sebagai Obat Tradisional di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal e-JIPBIOL. 5 (2): 92-108.

Murni AS, Prawito P, Widiono S. 2012. Eksistensi Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional (TOT) Suku Serawai di Era Medikalisasi Kehidupan. Naturalis Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Vol 1 (3):335-34.

Nugraha, Sumedi; Agustiningsih, Wanda Rusma, 2015, Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 4 (1): 58-62.

Nurfitriani, Fatmawati T. 2019. Pemberdayaan Kelompok Dasawisma Dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kelurahan Kenali Asam Bawah. Jurnal Abdimas Kesehatan Vol. 1, No. 3.

Oktavianita B, Sofyana K.W. 2020. Penanaman Biofarmaka Berbasis Agroforestry di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Kuningan. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Vol 2 (3) 2020: 384-388.

Rakib, Muhammad et al. 2015. “Peningkatan Nilai Tambah Pengolahan Buah Kelapa Dalam Mensejahterahkan Petani Kelapa DI Kecamatan Herlang ( Hero Lange-Lange ) Kabupaten Bulukumba Kandungan Dan Kegunaan Air Kelapa Bahan Baku Air Kelapa Dalam Dengan Menerapkan Proses Fermentasi Aspek Ferm.” Chemica 16(2): 49–61.

Rakib, Muhammad, Ilham Thaief, and Dian Anugrah Sanusi. 2019. “Pelatihan Kewirausahaan : Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Bernilai Jual Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Dan Remaja.” Dedikasi 21(2): 124–27.

Rosydin P. 2019. Budidaya Tanaman Obat. Desa Pustaka Indonesia :Temanggung, Jawa Tengah.

Salim Z, Munadi E. 2017. Info Komoditi Tanaman Obat. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.

Sleper, David A. Poehlman, John M. (2006). Breeding Field Crops. Blackwell Publishing. ISBN 9780813824284.

Vainio, Harri and Bianchini, Franca (2003). Fruits And Vegetables. IARC. ISBN 9283230086.


Article Metrics

Abstract view : 305 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nova Clarsa Salsabeilla, Sitti Aisya Nur, Aulia Nurul Iftitah, Sasmita Sasmita, Firawati Firawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat