Penggunaan Green House untuk Budidaya Hortikultura di Halaman Sekolah SD Negeri 063 Lagi Agi

Rifky Setiawan(1*), Hajrana Ulfah(2), Miftahuljannah Miftahuljannah(3), Diau Syahra Ajza(4), Bambang Setiawan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Greenhouse merupakan suatu lingkungan tumbuh tanaman yang bersifat terkendali. Pengembangan greenhouse untuk budidaya hortikultura sangat penting sebagai penjamin keberhasilan tumbuh dari pengaruh lingkungan seperti suhu, kelembaban udara, intensitas matahari, dan hama penyakit. Penggunaan greenhouse dalam budidaya tanaman merupakan salah satu cara untuk memberikan lingkungan yang lebih mendekati kondisi optimum bagi pertumbuhan tanaman. Greenhouse dikembangkan pertama kali dan umum digunakan di kawasan yang beriklim subtropika.

Penggunaan greenhouse terutama ditujukan untuk melindungi tanaman dari suhu udara yang terlalu rendah pada musim dingin. Nelson (1978) mendefinisikan greenhouse sebagai suatu bangunan untuk budidaya tanaman, yang memiliki struktur atap dan dinding yang bersifat tembus cahaya. Cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman dapat masuk ke dalam greenhouse sedangkan tanaman terhindar dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, yaitu suhu udara yang terlalu rendah, curah hujan yang terlalu tinggi, dan tiupan angin yang terlalu kencang.

Keywords


Green House di Sekolah, Greenhouse

Full Text:

PDF

References


Alam Syah Andi Nur, Nuryawati Titin dan Litananda Wahyu Satria. 2018. PENGEMBANGAN SMART GREENHOUSE UNTUK BUDIDAYA HORTIKULTURA. Institut Pertanian STIPER. Yogyakarta - Indonesia. Yogyakarta.

Tando Edi. 2019. PEMANFAATAN TEKNOLOGI GREENHOUSE DAN HIDROPONIK SEBAGAI SOLUSI MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DALAM BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Sulawesi Tenggara.


Article Metrics

Abstract view : 1214 times | PDF view : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifky Setiawan, Hajrana Ulfah, Miftahuljannah Miftahuljannah, Diau Syahra Ajza, Bambang Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat