Pelatihan Pemanfaatan Media Gawai dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa pada Bidang Fotografi di MAN 1 Kota Makassar

Megawati R(1*), Muh. Al Ikhsandi(2), Irsad Muhayat(3), Debi Saputri(4), Yasser Ali Warli(5), La Ode Rian Fitrah(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa agar memiliki ketertarikan terhadap dunia fotografi dan dapat diterapkan. Metode pelaksaksanaan pelatihan menggunakan metode ceramah, diskusi, penugasan, dan praktik. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan pemanfaatan media gawai dalam meningkatan keterampilan siswa pada bidang fotografi berjalan lancar dan berhasil dilihat dari keaktifan peserta mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan secara penuh, peserta juga telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan media gawai pada bidang fotografi sebagaimana ditunjukkan bahwa siswa telah dapat mengembangkan kognitif visual, bukan hanya mampu memgambil gambar ataupun mengedit dengan teknik yang tepat  melainkan peserta dapat mengembangkan imajinasi terhadpa setiap gambar yang dilihat ataupun yang telah ia ambil dan dapat dipertanggung jawabkan serta peka terhadap lingkungan sekitar.


Keywords


Pelatihan, Media Gawai, Fotografi

Full Text:

PDF

References


Ameliola, Syifa, and Hanggara Dwiyudha Nugraha. "Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi." Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization. 2013.

Antopani, Tendi. "Fotografi, Pariwisata, dan Media Aktualisasi Diri." REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi 11.1 (2015): 31-40.

Fathun. (2020) Keterampilan Dasar Teknologi Otomotif: Untuk SMK/MAK Kelas X. Nilacakra.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1)

Pertiwi, Maya Syulfharita, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, and Kukuh Pambuka Putra. "Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun." Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 3.1 (2018).

Muchtar, Yulnita, Muhammad Azis, and Muhammad Rakib. 2015. “Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal, Intensitas Pendidikan Ekonomi Keluarga, Dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar).” Jurnal Economix 3(2004): 1–11.

Rakib, Muhammad, Agus Syam, and Hajar Dewantara. 2020. “Pelatihan Merancang Bisnis Online Di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Dedikasi 22(2): 129–34.

Rusli, Edial. "Citra dan Tanda Malioboro dalam Konstruksi Fotografi." REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi 14.1 (2018): 1-15.

Santoso, Budhi.(2010) Bekerja sebagai fotografer. ESENSI.

Simarmata, Janner, dkk. Elemen-Elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. 2020

Tanjung, Muhammad Rusdi. "FOTOGRAFI PONSEL (Smartphone) SEBAGAI SARANA MEDIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT MODERN." PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif 1.2 (2019): 224-234.

Yarbo, Fariz. Peran Gawa Bagi Jurnalis Olahraga Dalam Tugas Jurnalistik Di Surabaya (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Gawai Bagi Wartawan Media Cetak, Televisi, Radio, Media Online, dan Fotografer). Diss. Stikosa-AWS, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Megawati R, Muh. Al Ikhsandi, Irsad Muhayat, Debi Saputri, Yasser Ali Warli, La Ode Rian Fitrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat