Penyelenggaraan Kompetisi Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Steffanie Malaihollo(1*), Fadilah Fadilah(2), Muhammad Asfar(3), Asyrah Asyrah(4), Sri Reni Wahyuningsih(5),

(1) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(2) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(3) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(4) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(5) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan dalam dunia pendidikan, yaitu proses pembelajaran secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Sistem pembelajaran daring menyebabkan peserta didik jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan fisik dan ektrakulikuler pun ditiadakan, sehingga peserta didik hanya dapat melaksanakan kegiatan dari rumah masing-masing. Kondisi ini membuat peserta didik sulit untuk dapat berpikir kreatif akibat proses pembelajaran yang monoton dan ruang gerak yang terbatas. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah diadakannya suatu perlombaan online yang memuat kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif. Hal ini melatarbelakangi Mahasiswa KKN-PPL Terpadu UNM menyelenggarakan Kompetisi Online dengan tema “Membangkitkan Kreativitas dan Semangat Peserta Didik SMA Negeri 1 Polewali dalam Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan di Masa Pandemi Melalui Kompetisi Online”. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk program kerja yang bertujuan mengatasi penurunan kreativitas peserta didik di masa pandemi Covid-19.  Peserta dari kegiatan ini yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Polewali. Metode pelaksanaan kegiatan ini terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: penentuan tema, pentuan jenis kompetisi dan guru pembimbing, penentuan syarat dan bentuk penilaian, penentuan waktu pelaksanaan, pembuatan brosur dan promosi, serta pelaksanaan kompetisi online. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan kompetisi online telah meningkatkan kreativitas dan semangat peserta didik melalui hasil karya yang ditampilkan.


Keywords


Covid-19, Kompetisi Online, Kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Arifa, Fieka Nurul. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat Vol. XII, No. 7

Chaplin, J. P. (1999). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Deaux, Dane & Wrightsman, S. (1993). Social Psychology in the 90’s. (2nd). California: Wadsworth Publishing Company, Inc.

Jamil, Syarifah Hikmah, dan Invony Dwi Aprilisanda. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. BAJ (Behavioral Accounting Journal) Vol. 3, No. 1

Kirigia, J. M., & Muthuri, R. D. (2020). The Fiscal Value of Human Lives Lost From Coronavirus Disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes, 13(1), 1-5.

Nurdin, I. R. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (Mooc) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO).

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Vol 2 No. 1.

Putra TT, Irwan, & Vionanda D. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1) hlm. 22-26

Sahara, S.F., 2017, Pelaksanaan Promosi Melalui Media Cetak Brosur Pada Obyek Wisata Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak, JOM FISIP, vol. 4, no. 2, hal.1-11.

Titu, MA. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Proseding Seminar Nasional 9 Mei 2015.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Steffanie Malaihollo, Fadilah -, Muhammad Asfar, Asyrah -, Sri Reni Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat