Budidaya Tanaman Bawang Merah dalam Polybag Menggunakan Pupuk Kompos di SMK Karya Teknik Watansoppeng

Aulia Rahmi Adiningsih(1*), Rahmadiah Rahmadiah Rahmadiah(2), Muh Sahrir Sahrir(3), Muh Hidayatun Naim(4), Alviandi Sapan Sapan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas negeri makassar
(3) Universitas negeri makassar
(4) Universitas negeri makassar
(5) Universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu program kerja dari kelompok  kamiadalah pembudidayaan bawang merah. Bawang merah merupakan salah satu tanaman bumbu dapur yang sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Tanaman ini merupakan bumbu yang wajib ada disetiap masakan, sehingga tidak heran bawang merah sangat populer, khususnya dikalangan ibu rumah tangga. Selain bumbu masak juga dijadikan campuran acar atau campuran bumbu mentah seperti bumbu sate dan lain sebagainya, bahkan ada yagng dimakan mentah sebagai pengobatan tradisional. Pemberian pupuk kompos dapat dimanfaatkan sebagai bahan organik bagi tanaman, dapat menunjang perkembangan organisme tanah, sehingga tanah semakin baik dan tersedianya unsur hara yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Mikroorganisme merupakan faktor penting pada proses pengomposan bahan organik, mikroorganisme tersebut terutama bakteri dan jamur. Daerah Watansoppeng Kelurahan Lalabata Rilau merupakan daerah yang sulit dijumpai lahan untuk bercocok tanam karena semakin banyaknya lahan yang dijadikan tempat pemukiman. Salah satu alternatif adalah bercocok tanam dalam polybag. Hasil pengabdian masyarakat ini telah menggugah siswa SMK Karya teknik Watansoppeng untuk bertanam bawang merah dalam polybag.

 

Kata Kunci : Budidaya, bawang merah, kompos, Polybag.


Full Text:

PDF

References


Aldila. 2017. Daya Saing Bawang Merah di Wilayah Sentra Produksi di Indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 14(1), 43-53.

Anisyah, F., Sipayung, R., & Hanum, C. (2014). Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah dengan Pemberian Berbagai Pupuk Organik. Jurnal Online Agroekoteknologi, 2(2), 26-35.

Irfan, Mokhammad. (2013). Respon Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Terhadap Zat Pengatur Tumbuh dan Unsur Hara. Jurnal Agroteknologi. 3(2), 35-40.

Jaelani. 2010. Khasiat Bawang Merah. Yogyakarta: Kanisius.

Sahputra, A., Barus, A., & Sipayung, R. (2013). Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum .L) Terhadap Pemberian Kompos Kulit Kopi dan Pupuk Organik Cair. Jurnal Online Agroekoteknologi, 2(1), 26-35.

Sugiartini. 2018. Petunjuk Teknis Budidaya Bawang Merah di Lahan dan Didalam Pot/Polybag. Jakarta Selatan: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.


Article Metrics

Abstract view : 440 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aulia Rahmi Adiningsih, Rahmadiah Rahmadiah Rahmadiah, Muh Sahrir Sahrir, Muh Hidayatun Naim, Alviandi Sapan Sapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat