Pemasangan Papan Info dan Petunjuk Arah di Wisata Air Terjun Tamasapi Dusun Tamasapi, Mamuju

Alizia Kartika S(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penunjuk arah merupakan media visual yang sangat penting di dalam menyampaikan informasi mengenai suatu arah tujuan. Umumnya penunjuk arah memiliki dua unsur yaitu simbol dan huruf. Dua simbol pokok ini dapat saja tidak dipergunakan salah satunya akan tetapi sangat baik jika dipergunakan bersamaan. Kedua unsur ini akan mempertegas sekaligus mempermudah pemahaman bagi masyarakat di dalam mempersepsikan simbol dan huruf ke arah mana tujuan perjalanan mereka. Di dalam konteks daerah atau suatu lokasi wisata, penunjuk arah memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai media informasi agar para pengunjung suatu objek wisata tidak kebingungan dalam mencari jalan atau menuju kepada titik-titik penting lokasi yang ingin mereka kunjungi. Sebagaimana di objek wisata Air Terjun Tamasapi di Dusun Tamasapi, Mamuju, di area yang sangat luas ini terdapat beberapa titik penting objek wisata, sedangkan penunjuk arah sebelumnya papan arah tersebut terbuat dari spanduk yang tidak tahan lama. Oleh karenanya pada pengabdian ini, jurusan Pendidikan Teknik Informatika & Komputer dan Sendratasik melakukan kegiatan pengabdian dengan merancang ulang simbol dan penunjuk arah ditambah dengan papan himbauan membuang sampah pada tempatnya di Air Terjun Tamasapi agar informasi yang disampaikan berupa simbol dan hurufnya mampu berkomunikasi secara efektif kepada pengunjung objek wisata.

Full Text:

PDF

References


Azalia, G. 2019. Analisis Lokasi Penempatan Papan Petunjuk (Signage System) di Terminal Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. In Prosiding Snitp (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) (vol. 3, no. 3, pp. 1-6).

Aldian. 2019. Desain Papan Info arah Taman Samarendah Di Kota Samarinda. Samarinda

Fuad Ahmad. 2015. Pembuatan Papan Nama Dan Petunjuk Arah Panti Asuhan Insan Madani Di Kampung Masjid Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 – Bogor. Bogor.

Kristianto, Ade. 2017. Fungsi Papan Informasi Berkelanjutan Sebagai Sarana Edukasi Bagi Wisatawan. Purbalingga.

Ningrum, Dewi. 2019. Pembuatan Sarana Desa Untuk Papan Petunjuk Jalan Desa dan Lingkungan Desa Jotosatru. Banten.

Nurhdi, dkk. 2020. Pembuatan Papan Nama Jalan Untuk Rt 05 Rw 16 Desa Ngenep, Kec. Karangploso, Kab. Malang. Malang.

Purwita.D.G , Pasek.G. 2019. Perancangan Ulang Simbol Dan Papan Penunjuk Arah Pada Area Obyek Wisata Monkey Forest. Bali.

Rivai, a., fauziyah, n., rahim, a. R., & sukaris, s. 2020. Pembuatan Sarana Papan Petunjuk Arah Jalan Desa Tenggor. Dedikasimu (Journal of Community service), 2(4), 627-631.

Sirat.R.S. 2011 Pengembangan Penelitian Rancangan Papan Petunjuk Lokasi Pada Bandar Udara Berbasis Eye-Tracking System dengan aplikasi Eyelink Data Viewer. Jakarta.

Taufiq.S.A, Wulandari R. 2016. Efektivitas Lokasi Penempatan Papan Petunjuk (Signage System) Pada Lobby Stasiun Kereta Api Bandung. Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alizia Kartika S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat