Edukasi Ceria Anak Anak Pulau Karampuang Di Kel. Karampuang, Mamuju, Sulawesi Barat

Wirdhana Al Habsyi(1*), Herman Dody(2), Alhidayat Muharram(3), Fajila Ramadhani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sectoral pada waktu dan daerah tertentu. KKN ini kemudian di bagi menjadi 2 bagian berdasarkan jenis dan waktu kegiatannya, yaitu KKN Reguler yang dimana Mahasiswa yang melaksanakan adalah mahasiswa yang non Pendidikan atau mahasiswa Pendidikan yang memisahan waktu KKN dan PPL nya tidak waktu yang bersamaan. Sedangkan KKN Terpadu yaitu mahasiwa yang berasal dari Pendidikan yang memprogramkan KKN dan PPL bersamaan. Sasaran dari KKN ini pula adalah Masyarakat, yang dimana kali ini yang menjadi fokus adalah anak anak yang berada di pulau karampuang. Edukasi cerita dalam artian adalah memberikan pengajaran mengenali pengetahuan dasar dengan cara keratif dan inovatif oleh mahasiswa KKN kecamatan Mamuju. Tim KKN Kecamatan Mamuju memilih tempat Pulau Karampuang sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini karena faktor dan kondisi yang memungkinkan. Dimana disana sangat minim mendapatkan informasi Pendidikan apalagi di saat sekarang yang di mana masih berda di vase Pandemi Covid 19. Kegiatan yang kami laksanakan ini berjalan dengan lancar hal ini dibuktikan dengan antusiasnya adik adik untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang di laksanakan oleh kami peserta KKN terpadu sampai pada akhir acara.

ABSTRACT Kuliah Kerja Nyata (KKN) is a form of community service activity by students with a cross-scientific and sectoral approach at a certain time and area. This KKN is then divided into 2 parts based on the type and time of activity, namely Regular KKN, where students who carry out are non-education or educational students who separate their KKN and PPL times not at the same time. Meanwhile, Integrated KKN is students who come from Education who program KKN and PPL together. The target of this Community Service Program is also the community, which this time the focus is the children who are on the island of Karampuang. Story education in the sense of providing teaching to recognize basic knowledge in a creative and innovative way by the Mamuju sub-district KKN students. The Mamuju District KKN Team chose Karampuang Island as the place to carry out this activity because of the factors and conditions that allowed it. Where there is very little information on education, especially at this time where we are still in the Covid Pandemic 19. The activities we are carrying out are running smoothly, this is evidenced by the enthusiasm of younger siblings to participate in various activities carried out by us KKN participants integrated until the end of the event.


Full Text:

PDF

References


Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren

Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community, 4(2), hal. 34–43.

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak

Usia Dini, hal. 65.

Baharin, R., Halal, R., dll, 2020, Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in

Indonesia, Iranian Journal of Management Studies, 13(1), hal. 139–164.

Caroline Hodges Persell, 1979, Educations and Inequality, The Roots and Results of Strattification in

America’s Schools, United States of America: The Free Press.

Dwi Rustandi. (2020). Menakar Pendidikan Pasca Pandemic Covid-19. Diakses pada

http://www.dikti.go.id/highlight/menakar-pendidikan-pasca-pandemi-covid-19/

(15/12/2020).

Khairul Fadly. (2011). Pengertian Mutu Pendidikan. Diakses pada https://www.e-jurnal.com/

(15/12/2020).

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120–143.

Retrieved from https://media.neliti.com/

Supranoto, H. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM

PEMBELAJARAN SMA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Hal. 141

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA

DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19.

Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), hal. 48.

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana Dan Prasarana (Sarana

Dan Prasarana PPLP). Jurnal Cerdas Sifa, 1(1),hal. 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wirdhana Al Habsyi, Herman Dody, Alhidayat Muharram, Fajila Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat