Budidaya Tanaman Sawi secara Hidroponik melalui Program KKN-PPL Terpadu UNM di Kecamatan Siompu Desa Nggula-nggula

Nursyahitna Nursyahitna(1*), Muhamad Rizal Simal(2), Fathahillah Fathahillah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Di kecamatan Siompu desa Nggula-nggula terdapat sebuah kebun Hidroponik milik Pak Harman. Pak Harman telah membudidayakan kebun hidroponik tersebut sejak tahun 2019. Ia membudidayakan tanaman sawi dengan menggunakan sistem hidroponik manual. Namun kebun hidroponik tersebut telah diserang oleh hama dan tidak terurus lagi. Penulis sebagai tim KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar angkatan XXI mengadakan sebuah program kerja tentang pembudidayaan tanaman sawi secara hidroponik untuk membantu Pak Harman dalam memperbaiki dan merawat kembali tanaman sawi yang ada di kebun hidroponik tersebut. Tim KKN-PPL Terpadu menggunakan sistem perawatan hidroponik secara manual sama seperti yang dilakukan oleh Pak Harman. Adapun yang dilakukan oleh tim KKN-PPL Terpadu dalam menangani kebun hidroponik, yaitu membersihkan dan menata kembali tanaman sawi, menyeleksi bibit tanaman sawi, dan merawatan tanaman sawi. Selama tiga bulan pengabdian KKN-PPL Terpadu, Tim Penulis berhasil mengurangi hama yang ada pada tanaman sawi sehingga kebun hidroponik dapat kembali dibudidayakan oleh pak Harman.


Keywords


Tim KKN-PPL Terpadu, Universitas Negeri Makassar, Hidroponik, Tanaman Sawi

Full Text:

PDF

References


Hamli Fitriani, dkk. (2015). Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) Secara Hidroponik Terhadap Komposisi Media Tanam Dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair. e-J. Agrotekbis, 3 (3) : 290-296 , Juni 2015, ISSN : 2338-3011.

Hidayat Samsul, dkk. (2020). Penerapan Model Hidroponik Sebagai Upaya Penghematan Lahan Tanam Di Desa Babadan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Jurnal Graha Pengabdian, Vol. 2, No.2, Mei 2020, Hal 141-148.

Mulasari Asti Surahma. (2018). Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 3, Desember 2018, Hal. 425-43.

Roida Syamsu Ida. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungugung BONOROWO, Vol. 1.No.2 Tahun 2014.

Sumba Haris La Ode. (2019). Kecamatan Siompu Dalam Angka 2019. Buton: Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton.


Article Metrics

Abstract view : 407 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nursyahitna Nursyahitna, Muhamad Rizal Simal, Fathahillah Fathahillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat