Pembuatan Hidroponik untuk Budidaya Tanaman Sayur-sayuran sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19

Irna Kurniaty(1*), Sukmawati Sukmawati(2), Afra Nurul Ramadhani(3), Nurul Fatimah(4), Aldi Renata(5), Riang Egi Saputra(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hidroponik adalah lahan budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah, sehingga hidroponik merupakan aktivitas dimana pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai medium untuk menggantikan tanah. Sehingga system bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang sempit. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidak memerlukan lahn yang luas dalam pelaksanaannya, akan tetapi dalam bisnis pertanian hidroponik hanya layak dipertimbangkan mengingat dapat dilakukan di pekarangan rumah, atap rumah maupun lahan lainnya. Metode: Metode kegiatan yang digunakan adalah metode observasi langsung dalam memberi wawasan dan praktek langsung tentang bagaimana pembuatan hidroponik untuk budidaya tanaman sayur-sayuran dalam meningkatkan Kesehatan di era pandemi covid-19. Hasil: Hasilnya menunjukkan pengetahuan hidroponik pada masayrakat. Pada awalnya belum mengetahui apa itu hidroponik belum tau jelas manfaat dan fungsi hidroponik tersebut, dengan diadakannya pengenalan hidropinik ini masyrakat sudah mengetahuinnya dan bisa mempraktikan langsung dirumahnya, hidroponik hanya dapat dilakukan di pekarangan rumah, atap rumah maupun lahan lainnya. Simpulan: Pembuatan Hidroponik Untuk Budidaya Tanaman Sayur-sayuran Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19  di Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. sudah terlaksana dengan alhamdulillah baik dan lancar.


Keywords


Hidroponik, NFT, Gizi, Tanaman.

Full Text:

PDF

References


Rakhman, Aulia., Budianto Lanya., R.A Bustomi Rosadi dan M. Zen Kadir. 2015. Pertumbuhan Tanaman Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik dan Akuaponik. Jurnal Teknik Pertanian Lampung. Vol.4 : Nomor 4. Universitas Lampung: Lampung.

Roidah, Ida Syamsu. 2014. Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tuluangung Bonorowo Vol. 1 No.2.

Sastro. Y dan Rokhmah N.A. 2016. Hidroponik Sayuran di Perkotaan. Seri Pertanian Perkotaan, BPTP DKI Jakarta, Kementrian Pertanian.

Sopandi, Tatang. 2018. Teknik Dasar Hidroponik. Program Studi Biologi. Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam : Surabaya.

Suharno, Y.B. 2016. Pengembangan Sistem Hidroponik untuk Budidaya Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L). Jurnal Keteknikan Pertanian. Vol 4: Nomor 2.

Swastika,Sri., Ade Yulfida dan Yogo Sumitro. 2018. Budidaya Sayuran Hidroponik Bertanam Tanpa Media Tanah. Kementrian Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) : Riau.

Tellei, T.E. 2017. Hidroponik untuk Pemula. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi: Samarinda.


Article Metrics

Abstract view : 515 times | PDF view : 2140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irna Kurniaty, Sukmawati Sukmawati, Afra Nurul Ramadhani, Nurul Fatimah, Aldi Renata, Riang Egi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat