Pojok Literasi Sebagai Media Kreativitas Siswa Dalam Pengembangan Bakat Melalui Mading Sekolah MAN 1 Kota Makassar

mei wahyuni(1*), sarina sarina sarina(2), Besse Farad Ramadhani Zuhdi(3), Muhammad Dandi Saputra(4), Andi Reza Iskandar(5),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(5) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Program kerja ini bertujuan sebagai media aspirasi siswa dalam menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa dalam kreativitas menulis, sasarannya adalah semua warga sekolah. Metode yang digunakan dalam program kerja ini adalah pembuatan mading. Gerakan pojok literasi ini lebih dari sekedar membaca dan menulis akan tetapi, mencakup keterampilan berpikir seperti membuat cerpen, pantun, puisi, dan lain-lain. kemudian hasil karya tulis tersebut akan dipajang didalam mading. Dari hasil kreativitas siswa tersebut dapat melatih keahliannya dalam bidang menulis dan mengarang. Tujuan lainnya adalah menjadikan siswa lebih kreatif dalam menyalurkan karya-karyanya sehingga mading tersebut akan tetap berjalan dengan hasil karya-karya siswa MAN 1 Kota Makassar.


Keywords


pojok literasi, media kreativitas, pengembangan bakat, mading sekolah

Full Text:

PDF

References


Antasari, indah wijaya. (2015). implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumabng Banyumas. 9(40), 13–26.

Arnelia Dwi Yasa, & Denna Delawanti Chrisyarani. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 242–249. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3834

Hari Santoso, S. S. (2007). Majalah Dinding Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Budaya Baca Siswa. 1–17.

Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Pelatihan Mading Sekolah bagi Siswa SMP Muhamamdiyah 19 Sawangan dan SMA Muhammadiyah 07 Sawangan. 10(2), 144–149.

Mariasih, Y., Susetya, R. E., & Malang, U. N. (2015). Upaya guru merencanakan literasi kelas. 1595–1600.

Moka, S., Pande, M., Rani, M., Gakhar, R., Sharma, M. M., Rani, J., Bhaskarwar, A. N., Autelitano, F., Giuliani, F., Qureshi, M. N., Ghosh, S., Shiying, L., Wingtat, H., Zhen, L., Harvey, J., Kendall, A., Saboori, A., Sonar, S. S., Kategaonkar, A. H., … Ding, G. K. C. (2015).

Manajemen Pengembangan Bakat Minat Siswa Di Mts Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang. Construction and Building Materials, 4(1), 1–8.

Muliaratri, A. (2012). POLA INTERAKSI SOSIAL IBU DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT ANAK NASKAH.

Nugrahani, F. (2020). Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Menggunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar Development Of School Literation Using Wall And Magazine Binder Thematic Antology In The Basic School Pendahuluan Dalam kancah pergaulan global . 29(1), 11–20.

Rakib, M. (2015). Economic literacy and the socio-economic condition of coastal communities in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 13(6), 4371–4384.

Rakib, M., Tawe, A., Azis, M., Syam, A., Makasssar, Sanusi, D. A., Satya, U., & Mandala, W. (2020). Determinants of Entrepreneurial Intetion: Empircal Study of Student Entrepreneurs. Academy of Entrepreneurship Journal, 26(3), 1–12.

https://www.abacademies.org/articles/Determinants-of-entrepreneurial-intention-empirical-study-of-student-1528-2686-26-3-375.pdf

Soetomo, F. U., & Korespondensi, P. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru Dan Siswa Sma Islam Parlaungan Dalam Menulis Karya Tulis Nilai akreditasi SMA Islam Parlaungan masyarakat ini adalah SMA Islam Parlaungan. 2(1).

Sugatri, O. M. (2015). Siswa Melalui Perpustakaan Pojok Kelas Untuk Membangun Generasi Emas Di SMA N 1 Bantul.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 mei wahyuni, sarina sarina sarina, Besse Farad Ramadhani Zuhdi, Muhammad Dandi Saputra, Andi Reza Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat