Pembagian Sajadah Sebagai Bentuk Penekanan Penularan Covid-19 Di Kec. Tondong Tallasa Kab. Pangkep oleh Mahasiswa KKN-PPL Terpadu XXI Universitas Negeri Makassar Domisili Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Miftahul Jannah(1*), Nur Alim(2), Eka Srijayarni(3), Faisal Najamuddin(4),

(1) Prodi Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar
(4) Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tridharma Perguruan Tinggi pembinaan perguruan tinggi untuk memecahkan masalah di masyarakat, di antaranya melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kecamatan Tondong Tallasa berada di daerah pegunungan Kabupaten Pangkep, yang akses ke daerah tersebut terbilang ekstrim, dan juga merupakan wilayah yang tertinggal informasi. Melihat wilayah masing-masing tertinggal informasi yang sekarang mendunia, kami berinisiatif untuk melakukakan pembagian sajadah secara gratis sebagai bentuk kontrol covid-19, yang mana sesuai dengan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah bagi umat Islam, yang diminta untuk membawa sajadah dari rumah-rumah.Sajadah Kebahagiaan merupakan salah satu program kerja masyarakat yang dilaksanakan pada, 18 Desember 2020 di Desa Tondong, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep. Bentuk kegiatan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Adapun tahapan kegiatan yang dilakukan sebagai berikut: 1) Persiapan Kegiatan yang termasuk observasi atau survei, publikasi menggunakan media sosial dalam rentang waktu dua pekan dan sterilisasi sajadah.

2) Pelaksanaan Kegiatan yang meliputi menyusuri setiap jalan di Desa Tondong, pembagian sajadah beserta masker dan edukasi pencegahan Covid-19. Adapun hasil dari kegiatan pembagian sajadah sebagai perubahan bentuk penularan Covid-19 terdapat 50 buah dari hasil terbuka donasi dengan adanya donasi sajadah yang diharapkan akan membantu masyarakat mencegah penularan virus covid-19.

Kata kunci: Pembagian Sajadah, Penekanan Penularan, Covid-19.

 


Keywords


Kata kunci: Pembagian Sajadah, Penekanan Penularan, Covid-19.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Miftahul Jannah, Nur Alim, Eka Srijayarni, Faisal Najamuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat