Studi Pemanfaatan Serbuk Kayu sebagai Media Budidaya Jamur Tiram Putih

Wahyuddin Wahyuddin(1*), Muh. Rizaldi Syam(2), Agung Firjatullah(3), Wahyudin Romo(4), Hasbannur Hasbannur(5), St. Rahmayanti(6), Desi Farah Dita(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Industri penggergajian kayu di Indonesia  sering kali melakukan pemborosan bahan baku, dimana seharusnya bahan baku tersebut masih dapat digunakan untuk pengembangan industri penggergajian itu sendiri. Bahan baku yang dimaksud adalah serbuk gergaji. Serbuk gergaji bisa dijadikan sebagai media budidaya jamur tiram putih, sehingga dari serbuk gergaji seseorang bisa mendapatkan penghasilan. Tetapi kenyataannya para pekerja tidak memanfaatkan dan tidak mengolah Kembali serbuk gergaji yang ada. Sehingga berangkat dari hal tersebut, mahasiswa KKN-PPL Terpadu Universitas Negeri Makassar Angkatan XXI Kabupaten Takalar tepatnya Kecamatan Polongbangkeng Utara berinisiatif mengadakan untuk mengadakan kegiatan sosialisasi. Kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran kepada masyarakat  tentang pemanfaatan serbuk kayu sebagai media budidaya jamur tiram putih.


Keywords


Industri, serbuk, budidaya, jamur, manfaat

Full Text:

PDF

References


Maulana E. (2012). Panen Jamur Tiap Musim.Lampung:Lily Publisher. Hal. 150-175.

Meinanda I. (2013). Panen Cepat Budidaya Jamur. Bandung:Padi. Hal. 50.

Sutarja.2010. Produksi Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) pada Media Campuran Serbuk Gergaji dengan Berbagai Komposisi Tepung Jagung dan Bekatul.Surakarta: UNS Press.

Widyastuti, N. 2008. Limbah Gergaji Kayu Sebagai Bahan Formula Media Jamur Shiitake (Lentinila edodes). Jakarta : Pusat Teknologi Bioindustri Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.


Article Metrics

Abstract view : 134 times | PDF view : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyuddin Wahyuddin, Muh. Rizaldi Syam, Agung Firjatullah, Wahyudin Romo, Hasbannur Hasbannur, St. Rahmayanti, Desi Farah Dita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat