Program Edukasi Masyarakat KKN XXI Berbasis Daring Melalui Lab Story
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(5) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(6) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(7) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan edukasi dan sosialisai pada masyarakat merupakan salah satu bagian yang penting dalam kegiatan KKN-PPL. Kebijakan terkait Pandemi Covid-19 menjadikan tuntutan akan kreativitas program KKN semakin tinggi. Salah satu jawaban atas tuntutan tersebut adalah dengan melakukan edukasi pada masyarakat melalui daring. Hal tersebut yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL XXI yang berlokasi di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM bekerjasama dengan Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UNM. Kegiatan edukasi ini menentukan tema berdasarkan kebutuhan masyarakat umum, terutama lingkungan mahasiswa, dan lingkungan terdekat lokasi KKN, dengan menghadirkan narasumber dari berbagai bidang sesuai dengan tema.
Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar secara daring ini, merupakan solusi yang ditawarkan mahasiswa KKN-PPL XXI TP FIP UNM, untuk memenuhi program kerja pengabdian pada masyarakat, yang dikemas dalam program pitue pusat KKN UNM. Sekaligus sebagai bagian dari penyesuaian kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa KKN-PPL.
Edukasi secara daring ini, berhasil mendapatkan perhatian dari masyarakat yang menjadi peserta, menghadirkan pemateri yang kompeten dan apresiasi dari banyak pihak. Hal tersebut menjadikan kegiatan pengabdian ini terpenuhi, namun juga menjadi langkah awal untuk kegiatan selanjutnya.
Kata kunci: Pengabdian, Sosialisasi, Program KKN, Mahasiswa, Makassar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, A. (2018). Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(2), 155–167. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.631
APJII (2020). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia
Survey survei pengguna internet di Indonesia periode 2019-kuartal II 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
Arlia, S., & Sumiati, A. (2015). Hubungan Antara Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 46 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 13(1), 15–27. https://doi.org/10.21009/econosains.0131.02
Karim, H. A. (2019). Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 1, No. 1 Januari-Juni 2019 | 115. 1(1), 115–142.
MAYMUN, A. Z., & SWASTY, W. (2018). Identitas Visual Dan Penerapannya Pada Signage Untuk Kawasan Wisata Edukasi. Serat Rupa Journal of Design, 2(1), 01. https://doi.org/10.28932/srjd.v2i1.473
Mewengkang, A., Manado, U. N., Tangkawarow, I. R. H., Manado, U. N., Kasehung, H., Manado, U. N., & Material, O. C. (2018). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile. 1(April), 27–38.
Rusman dkk (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers.
Siaran Pers Nomor: 137/sipres/A6/VI/2020 Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka https://www.kemdikbud.go.id/
Situmorang, J. R. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik , Bisnis , Pendidikan Dan Sosial Budaya. 8(1), 77–91.
Sugiarti, Y. (2011). Peranan Teknologi Internet Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Teknodik, 15(2), 145–154.
Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan
Surat Edaran, Nomor: 759/UN36/TU/2020, Tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyeberan Covid-19 (Corona Virus Disease-19) Lingkungan Universitas Negeri Makassar
Article Metrics
Abstract view : 36 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 NUR FITRIANI AKRAM, Citra Rosalyn Anwar, Agus Umar Dani, Muh Said, Armin Super, Andi Akram Dolla, Dimas Fajri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat