Pengembangan Potensi Anak Usia Dini dalam Bidang Seni Rupa di Masa Pandemi Covid-19

Bulan Talisa. T(1*), Faisal Najamuddin(2),

(1) Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Elektronika
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini penting bagi sebuah generasi bangsa. Ini adalah masa potensial dalam pertumbuhan anak untuk mendapatkan pengalaman eksplorasi semua aspek baik psikomotorik maupun motorik. Semenjak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak hal yang terkena dampaknya. Dengan adanya pandemi COVID-19 ini sangat berdampak terhadapa aktivitas pendidikan khususnya anak usia dini yang masih sekolah di Taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar kelas satu. Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan dengan menggunakan sistem belajar secara daring pun kurang efektif bagi proses belajar anak dalam mata pelajaran seni budaya khususnya pelajaran seni rupa. Namun dengan kebijakan dari pemerintah untuk tetap bekerja,belajar dan ibadah di rumah agar dapat mengurangi penyebaran Covid-19 tidak mengurangi semangat bagi siapa pun yang ingin mencoba melakukan aksi kreatif agar tetap bisa membantu proses pengembangan potensi  anak usia dini. Oleh karena itu, dilaksanakanlah kegiatan pelatihan menggambar bagi anak usia dini yang dilakukan di rumah untuk beberapa anak yang berada di sekitar rumah terdekat khususnya di Mangkaca kelurahan Bontomate’ne kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Hal ini tentunya agar dapat membantu generasi muda bangsa agar tetap dapat mengembangkan potensinya dalam bidang seni khususnya dalam bidang seni rupa. Kegiatan ini dilakukan dengan metose tatap muka. Kegiatan ini dilakukan minimal tiga kali sebulan dengan tema gambar di mulai dari yang paling sederhana yaitu menggambar dengan memulai dari angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Kemudian dilanjutkan dengan tema gambar dengan mengambil bentuk dari alam sekitar dan sebagainya. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan menggambar ini dapat membantu proses pengembangan potensi anak usia dini dalam bidang seni khususnya dalam bidang seni rupa di masa pandemi Covid-19.

 

 

ABSTRACT

Early childhood education is important for a nation's generation. This is a potential period in the child's development to experience exploration of all aspects both psychomotor and motor. Since the COVID-19 pandemic hit Indonesia, many things have been affected. With the COVID-19 pandemic, it has a very significant impact on educational activities, especially early childhood who are still studying in first grade Kindergarten and Primary Schools. The government's policy towards education by using an online learning system is not effective for the children's learning process in cultural arts subjects, especially in fine arts. However, the government's policy to continue working, studying and worshiping at home in order to reduce the spread of Covid-19 does not reduce enthusiasm for anyone who wants to try creative action so that they can still help the process of developing the potential of early childhood. Therefore, drawing training activities for early childhood were carried out at home for several children who were around the nearest house, especially in Mangkaca kel. Bontomate'ne, Segeri sub-district. This is of course in order to help the nation's young generation to continue to develop their potential in the arts, especially in the field of fine arts. This activity is carried out in a face-to-face method. This activity is carried out once a week with the theme of drawing starting from the simplest, namely drawing by starting from numbers 1, 2, 3 and so on. Then proceed with the theme of the image by taking the form of the surrounding nature and so on. Based on the activities that have been carried out, it can be concluded that this drawing training activity can help the process of developing the potential of early childhood in the art field, especially in the field of art during the Covid-19 pandemic.


Keywords


Potensi, Anak Usia Dini, Bidang Seni, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-

(p. 12). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Susilo,A.,Rumende,C.M.,Pitoyo,C.W.,Santoso,W.D.,Yulianti,M.,Herikurniawan,H.,Sinto,R., Singh,G.,Nainggolan,L.,&Nelwan,E.J.(2020).CoronavirusDisease2019:TinjauanLiteratur Terkini.JurnalPenyakitDalamIndonesia,7(1),45–67.

Syafrida,S.,&Hartati,R.(2020).BersamaMelawanVirusCovid19diIndonesia.SALAM:Jurnal SosialDanBudayaSyar-I,7(6),495–508.

WorldHealthOrganization,2019(2020).

Kanak Peteri Bensu Takengon. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 78-101.

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Saripudin, A. (2016). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2 (1), 1-18. doi: 10.24235/awlady.v2i1.2585.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bulan Talisa. T

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat