Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Buku Digital di Masa Pandemi Covid-19

Nunung Nurfajri Ainun(1*), Nur Hikmah(2), Jabal Nur(3), Nur Diah Anggraeni Amir(4), Aswan Ahmad(5), St Fatimah Azsahra(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah penelitian pengabdian masyarakat dalam kondisi pandemi yang terjadi sekarang, tenaga pendidik yang menggunaan bahan ajar yang sebelumnya diajarkan kepada siswa dengan metode konvensional, kini harus diadaptasikan oleh guru itu sendiri di dalam kelas berani demi tercapainya pembelajaran yang efektif walau tidak melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. Berdasarkan data kuesioner yang kami dapatkan ternyata dalam pelaksanaan pembelajaran daring terdapat beberapa salah satunya kemampuan pendidik dalam membuat atau menyediakan bahan ajar berbasis digital yang dapat diakses secara berani, maka kami membuat kegiatan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis digital menggunakan flipbook atau flippdf.Metode pelatihan dan pendampingan terhadap tenaga pendidik secara online melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube pada channel TP FIP UNM yang terbuka secara umum dengan durasi pelatihan 120 menit. Hasil pelaksanaan pengabdian sebelum mengikuti pelatihan bahan ajar dengan flip book peserta pelatihan terutama yang berprofesi sebagai tenaga pendidik menggunakan bahan ajar digital dalam proses pembelajaran, sebelum mengikuti pelatihan bahan ajar dengan flip book, peserta belum memahami cara pembuatan bahan ajar menggunakan software flip book dan peserta belum memahami cara pembuatan bahan ajar menggunakan software flip book setelah mengikuti pelatihan bahan ajar dengan flip book,peserta pelatihan dapat memahami konsep dan cara pembuatan bahan ajar dengan flipbook .

 


Keywords


Bahan Ajar, Flipbook, Digital, Pendidik

Full Text:

PDF

References


Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367.

Nyeneng, I. D. P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). Pengembangan Perangkat Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, Vol.VI Nom.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 861–872.

Ruhiat, Y., & Djumena, I. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X ( The Development of Digital Teaching Materials In Electrical And Electronic Basic Learning Class X ). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(November), 156–168.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.

Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi: Buku Ajar Yang Bercerita. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 232–246.

Sugianto, Isnandar, & Wena, M. (2020). PEMBUATAN MATERI BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI, (Hapemas 2).


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nunung Nurfajri Ainun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat