Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli terhadap Lingkungan Sekolah di Masa Covid-19

Irma wati(1*), Sri Mellyani(2), Rina Gunawan(3), Mayang Sari(4), Nurhadijah Nurhadijah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan adalah suatu proses enculturasi.Pendidkan erat kaitannya dengan karakter . Pendidikan dapat membentuk dan membangun karakter pada diri seseorang. Pendidkan karakter yaitu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi sekolah untuk membentuk penyempurnaan diri individu dan melatih kemampuan diri ke arah hidup yang lebih baik. Membentuk dan melatih siswa agar menumbuhkan peduli terhadap lingkungan, Mahasiswa KKN-PPL Universitas Negeri Makasaar angkatan XXI melaksanakan program kerja bakti di lingkungan sekolah. Pelaksanaan kerja bakti tersebut bertujuan untuk menumbuhkan karakter siswa peduli terhadap lingkungan, menciptakan lingkungan sehat, bersih, nyaman dan aman, membangun solidaritas antar mahasiswa, siswa, guru, dan masyarakat sekolah yang berperan dalam pelaksanaan kerja bakti di lingkungan sekolah SDI No 122 Tamanroya. Mengingat bahwa pada masa pandemic covid 19, lingkungan harus bersih, nyaman dan aman dalam melakukan aktifitas. Upaya ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus dan mencegah penularannya. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-PPL melaksanakan kerja bakti yang di khususkan pada lingkungan sekolah, dengan tujuan siswa dan guru dapat menumbuhkam rasa peduli terhadap lingkungan sekolah yang bersih, aman dan nyaman pada masa pandemic covid 19.


Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Bur, N., & Septiyanti. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) di SD Inpres Katangka Gowa. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 32–41.

Edy, H. J., & Jayanto, I. (2020). PKM di Perum Puri Kelapa Gading Paniki Atas , Talawaan , Minahasa Utara , Sulawesi Utara Tentang Edukasi Mencegah Penyebaran Covid-19. 2, 14–19.

Mu’min Saud, A. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.8

No, V., & Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86

Otálora, M. M. C. (2020). Yuliana. Parque de Los Afectos. Jóvenes Que Cuentan, 2(February), 124–137. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12

Peduli, P. K., & Learning, M. E. (2016). MODEL EXPERIENTIAL LEARNING. 5(3).

Purnomo, E. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Taufik, T. (2014). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 59–65.


Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irmawati Irmawati, Sri Mellyani, Rina Gunawan, Mayang Sari, Nurhadijah Nurhadijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat