Pengadaan Tempat Sampah Untuk Lingkungan Sekolah Sehat Mahasiswa KKN-PPL Terpadu angkatan XXI UNM di Pondok Madrasah Al-Wasilah Lemo Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar

Ayu Fitria Annisa(1), Nadiah Ahrajabanur(2), Irmawati H(3), Nurasia Amin(4*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh bagi kesehatan pertumbuhan manusia. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang sehat, kita perlu menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang dijaga kebersihannya, sehingga akan menjaga kesehatan manusia yang berada pada lingkungan tersebut. Sampah selalu menjadi masalah yang trend dan tidak pernah habis dibicarakan di setiap kota di Indonesia. Dari hari ke hari jumlah sampah yang menumpuk terus saja bertambah. Tempat sampah berfungsi sebagai suatu wadah sementara untuk menampung benda-benda yang tidak digunakan sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir. Dalam proses pembuatan tempat sampah. Terbagi menjadi beberapa tahapan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu membentuk pola. Selanjutnya yaitu membuat penutup tempat sampah. Tahap terakhir yaitu tahapan pengecetan. Agar tempat sampah dapat terlihat menarik maka dilakukan pengecetan pada tempat sempah.

Keywords


program kerja, dampak lingkungan, pembuatan tempat sampah

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2014. Tong Sampah Tiga Warna. Dalam http://jakarta.kompasiana.com/fasilitas-umum/2014/01/27/tong-sampah-tiga-warna-629383.html.

Sidik, M.A. D. Herumartono dan H. Sutanto, 1985. Teknologi Pemusnahan Sampah dengan Incenerator dan Landfill, Jakarta, BPPT.

Saraswati, SP. 2001. Pengelolaan Sampah. Laboratorium Teknik Penyehatan & Lingkungan.

Sidik, M.A. D. Herumartono dan H. Sutanto, 1985. Teknologi Pemusnahan Sampah dengan Incenerator dan Landfill, Jakarta, BPPT.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Fitria Annisa, Nadiah Ahrajabanur, Irmawati H, Nurasia Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat