Pembelajaran Foto dan Desain dalam Menunjang Ekstrakurikuler di Masa Pandemi Covid-19

Amar Ma’ruf(1*), Widyastri Atirah(2), Risma Ruslan(3), Faisal Najamuddin(4),

(1) TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) DOSEN PRODI MEKATRONIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pada masa pandemi covid-19 peserta didik mungkin merasa jenuh ataupun bosan dengan aktivitas sehari-hari, apalagi dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Maka kami berinisiatif untuk mengadakan kelas foto dan desain. Kelas foto dan desain adalah wadah bagi peserta didik yang ingin meluangkan seni, ide, serta kreativitas. Dengan adanya solusi kegiatan ekstrakurikuler ini dapat mengurangi tingkat kebosanan dan kejenuhan. Melihat hal tersebut, tambahan ekstrakurikuler berupa kelas foto dan desain dapat membuat peserta didik aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Adapun Metode kegiatan pengabdian kelas foto dan desain ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas foto dan desain ini menjadi salah satu bidang yang diminati oleh generasi milenial saat ini bahkan dijadikan  hobi sebagai bentuk mengekspresikan kreativitas.

 

ABSTRACT

During the Covid-19 pandemic, students may feel bored or bored with daily activities, especially with the learning process carried out online. So we took the initiative to hold a photo and design class. Photo and design classes are places for students who want to share art, ideas, and creativity. With the solution of this extracurricular activity, it can reduce the level of boredom and boredom. Seeing this, extracurricular additions in the form of photo and design classes can make students active, creative, effective, and fun. The method of the photo and design class service activities is descriptive qualitative. The results of the study show that this photo and design class is one of the areas that millennials are interested in today, even as a hobby as a form of expressing creativity.


Keywords


Photo and design, Design, Class, Extracurricular, Creativity.

Full Text:

PDF

References


Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Setiawan, R., & Bornok, M. B. (2015). Estetika Fotografi. Research Report-Humanities and Social Science, 1.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Wulan, N., Wakhyudin, H., & Rahmawati, I. (2019). Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Membentuk Nilai Karakter Bersahabat Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 28-35.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 widyastri atirah, Amar Ma’ruf, Widyastri Atirah, Risma Ruslan, Afni Asisah, Mulianti ., Muhammad Fajar Mawardi Amzak, Faisal Najamuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat