Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kompetisi Mural di SMAN 5 SOPPENG

Fauzia Furbasari(1*), Andi Hartawan Nur(2), Feni Sri Utami(3), Nur Farazilla(4), Eka Anugrah(5), Muh. Fadil(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Seni Rupa, Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Desain.
(3) Prodi Sendra Tasik, Jurusan Pendidikan.
(4) Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
(5) Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi
(6) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Ke-SDan
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media luas seperti dinding atau permukaan luas lainnya yang bersifat permanen. Dalam perkembangannya, seni mural sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan juga banya dimanfaatkan sebagai media beriklan melalui pesna yang ditampilkan di dinding.

Dalam kegiatan KKN-PPL terpadu ini dilaksanakan dalam bentuk kompetisi bagi siswa-siswi yang mempunyai keterampilan dalam hal melukis dan menggambar dengan tujuan untuk menambah dan mengembangkan kreatifitas berkarya siswa-siswi di SMAN 5 SOPPENG, dalam hal ini peserta kompetisi lomba mural berjumlah 12 orang. Sebelum memulai menggambar, para peserta diberikan pelatihan terlebih dahulu yang disertai dengan membuat konsep desain.

Ada beberapa tahap dalam pelaksanaan kegiatan kompetisi mural ini. Yang pertama pembukaan secara resmi oleh kepala sekolah, selanjutnya pelaksanaan kompetisi yang menjadi inti kegiatan ini. Setelah itu, tahap penilaian oleh panitia. Terakhir, pengumuman hasil kompetisi sekaligus penutupan recara resmi oleh kepala sekolah.

 

Kata Kunci : Mural, Kompetisi, Seni

 

 

ABSTRACT

Mural is a way of drawing or painting above the broad such as media, wall or wide surface which permanent characteristic. In the progress, Mural art as a advertising media through the message displayed on the wall.

In the KKN-PPL TERPADU activity, implemented in training from also competition for student that has ability in terms of painting and drawing as purpose to add and develope work creativity of students in SMAN 5 SOPPENG, in this case, mural competititon participants that consist 12 people. Before drawing, the participants given training and they make a concept design.

There are stages in this mural competition. First, official opening by the principal, next the competition as the center of the activity. After that, evaluation step by the commite and the last, comptition result also the official closing by principal.

 

Keywords : Mural, Competition, Art.

Keywords


Mural, Kompetisi, Seni (Mural, Competition, Art)

Full Text:

PDF

References


Nugraha, Muhammad Iqbal Maulana. 2015. Mural Sebagai Media Pendidikan Moral Islam Bagi Masyarakat Di Kota Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fauzia Furbasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat