Koperasi Bank Sampah Sekolah untuk Menumbuhkan Kesadaran Siswa Peduli Lingkungan SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, KabupatenSinjai

Fayzah Fatimah(1*), Andi Tenri Pakkua Syam(2), Minasari Minasari(3), Muh. Abid Maulana(4), Muhammad Yusuf Amin(5), Nurfadhilah Tammah(6), Ryaas Rasyid(7),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai merupakan salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Sinjai, sebagaimana umumnya daerah pesisir pantai, masyarakat pada wilayah ini mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, beberapa masyarakat juga berprofesi sebagai wirausahawan sebab wilayah ini juga memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan yaitu wisata Hutan Mangrove yang diminati oleh para wisatawan lokal dari berbagai daerah. Bahkan objek wisata Hutan Mangrove ini sudah masuk dalam skala objek wisata nasional sehingga menjadi ikon pariwisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Sinjai. Meskipun demikian, kebersihan lingkungan sepertinya menjadi salah satu permasalahan serius pada daerah ini, banyaknya sampah-sampah plastik baik itu berasal dari masyarakat setempat maupun sampah yang terbawa oleh arus pantai menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu,kesadaran masyarakat yang minim akan pentingnya kebersihan lingkungan juga menjadi pengaruh masalah persampahan pada daerah tersebut. Universitas Negeri Makassar melalui program kuliah kerja nyata (KKN) memiliki peran penting dalam memecahkan permasalahan masyarakat di daerah tersebut khususnya dalam memberikan edukasi akan pentingnya kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam hal ini,mahasiswa KKN Universitas Negeri Makassar yang melakukan pengabdian pada SD Negeri 30 Tongke-Tongke bekerjasama dengan pihak Sekolah guna pengadaaan koperasi bank sampah untuk mengedukasi siswa di daerah tersebut agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

 

Kata kunci: Daerah pesisir, Tongke-Tongke, kebersihan lingkungan, koperasi bank sampah

 

ABSTRACT

Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai merupakan salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Sinjai, seperti umumnya wilayah pesisir, mayoritas masyarakat di wilayah ini bekerja sebagai nelayan. Selain itu, sebagian masyarakat juga berkarya sebagai pengusaha karena kawasan ini juga memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, yaitu wisata Hutan Mangrove yang diminati wisatawan lokal dari berbagai daerah. Bahkan obyek wisata hutan mangrove sudah masuk dalam skala tempat wisata nasional sehingga menjadi ikon pariwisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Sinjai. Namun, kebersihan lingkungan tampaknya menjadi salah satu masalah serius di daerah ini, jumlah sampah plastik baik dari masyarakat setempat maupun sampah yang terbawa arus pantai menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan juga berpengaruh pada permasalahan sampah di daerah tersebut. Universitas Negeri Makassar melalui program kuliah kerja nyata (KKN) memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat di daerah, khususnya dalam memberikan edukasi tentang pentingnya kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam hal ini, mahasiswa KKN Universitas Negeri Makassar yang melakukan pelayanan di SD Negeri 30 Tongke-Tongke bekerja sama dengan Sekolah untuk pelaksanaan koperasi bank sampah untuk mengedukasi siswa di daerah tersebut agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan.

 

Kata kunci: Daerah pesisir, Tongke-Tongke, kebersihan lingkungan, koperasi bank sampah

Full Text:

PDF

References


Muhammad, A., Taufan, I., Muhamad, A., & Akbar, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Pantai Melalui Pemanfaatan Sampah Plastik Kiriman Menjadi Bantal Kursi. 17(3), 98–105.

Sampah, B., & Karakter, P. (2018). Proceeding of Community Development, Vol. 2 (2018) Program Bank Sampah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Serdang 01, Jakarta Pusat Sintha Wahjusaputri, Bunyamin; Tashia; Indriani. 2, 1–12.

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi, 5(1), 71–84.

Wahjusaputri, S., Hermanto, S., & Nastiti, T. I. (2018). Program Bank Sampah Dengan Model Dem Sebagai Strategi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sdn Kelapa Dua Wetan 06 Pagi Jakarta Timur. 1, 312–332.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fayzah Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat