Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Anggeraja

Citra Meisarah Asril(1), Muhajiratul Haq Suburan(2), Reza Renaldy(3), Wulandari Wulandari(4*),

(1) University Of Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Sistem pendidikan di Indonesia dialihkan ke metode pembelajaran online atau daring disebabkan karena adanya penyebaran wabah virus Covid-19. Pengalihan metode pembelajaran online menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Salah satu dampak yang mempegaruhi motivasi belajar siswa di SMPN 1 Anggeraja yaitu siswa jenuh mengikuti proses pembelajaran daring selain itu, siswa lebih cenderung memilih berkebun dari pada mengikuti proses pembelajaran daring. Menurunnya motivasi belajar siswa mendorong tenaga pendidik  untuk membuat jadwal pelaksanaan luring atau proses pembelajaran tatap langsung, jadwal pelaksanaan luring tersebut dibagi  beberapa sesi dan tentunya dengan mengikuti protocol kesehatan. Proses pembelajaran luring ini dilaksanakan untuk memantau kinerja pengerjaan tugas siswa serta menjelaskan kembali materi pembelajaran yang belum dipahami oleh siswa berkaitan dengan materi dan tugas yang telah diberi sebelumnya, dimana tugas ini menjadi salah satu hal penting selama proses pembelajaran daring. Hasil dari kegiatan pembelajaran luring ini adalah beberapa siswa yang awalnya nilai tugasnya kosong satu persatu mulai terisi. Namun, Kegiatan pembelajaran luring ini dirasa masih belum optimal sebab beberapa siswa yang diharapkan kehadirannya untuk memenuhi nilai tugas justru tidak hadir, serta masih banyak siswa yang acuh dengan proses pembelajaran luring ini.

 

Kata kunci: Pembelajaran daring, pembelajaran luring, motivasi.


Full Text:

PDF

References


Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation.

Cahyani, Adhetya., Listiania, I, D., Larasati, S,P,D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.3. No. 01.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (kemdikbud.go.id)

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.

Nurhayati, Nurhasanah, Dahliana. “Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri di SMPN 10 Banda Aceh.” Universitas Syiah Kuala 1, no. 2 (2016): 73–79.

Peter Salim, dan Yenny Salim. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English, 1991

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14.

Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9),” 24 Maret 2020,

Pusdiklat Pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 15 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 19),” 18 Mei 2020,

Riaz, A. (2018). Effects of Online Education on Encoding and Decoding Process of Students and Teachers. International Conference E-Learning, 42–48.

Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.


Article Metrics

Abstract view : 963 times | PDF view : 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Citra Meisarah Asril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat