Kajian Islami Berbasis Virtual di Tengah Pandemi Covid-19

Hamrin Samad(1), Muhammad Alwi Mubarak(2), Ahmad Nabil Hikam Ali(3), Oriny Tri Ananda(4*), Muhammad Farhan(5), Muhammad Nur Rezky Reza(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan untuk membantu masyarakat memberdayakan dan menggali potensi dirinya meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 yang banyak menghambat proses pendidikan di Indonesia. Masalah umum yang sulit untuk dipungkiri saat ini mengenai pola pergaulan di masyarakat khususnya di kota-kota besar seperti kota Makassar yaitu pergaulan bebas dan kenakalan remaja. Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya religiusitas dalam diri seseorang. Program kerja yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN dalam mendukung perbaikan pola pergaulan di masyarakat yaitu kajian islami berbasis virtual di tengah pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendalami, memahami, serta membahas ajaran-ajaran islam sebagai upaya memperbaiki pola perilaku dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, serta menjadi sarana untuk mengisi waktu luang dalam mengatasi rasa bosan selama di rumah saja sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona.


Keywords


Program Kerja, religiusitas, kajian islami, virtual, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abiraja, S. (2008). Setan, Skak Mat! PT Mizan Publika.

Fandatiar, G., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN) PADA UNIVERSITAS MURIA KUDUS. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.247

Fitriani, A. (2016). Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Al-Adyan.

Khanza, F. (2016). Antara Cinta dan Galau. Elex Media Komputindo.

Loka, M. P., & Yulianti, E. R. (2019). KONSEP CINTA (STUDI BANDING PEMIKIRAN IBNU QAYYIM ALJAUZIYYAH DAN ERICH FROMM). Syifa Al-Qulub 3, 2, 72–84.

Purintyas, I. S., & dkk. (2020). 28 Akhlak Mulia. Elex Media Komputindo.

Ramli, N. A., & Nazim, A. M. (2018). A REPENTANCE APPROACH FOR TREATING JUVENILE DELINQUENTS (PENDEKATAN TAUBAT NASUHA DALAM MENANGANI REMAJA BERMASALAH). Malaysian Journal For Islamic Studies.

Sakdiah. (2016). Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam ( Kajian Historis Filosofis ) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Setyorini. (2020). PANDEMI COVID-19 DAN ONLINE LEARNING : APAKAH BERPENGARUH TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA KURUKULUM 13? Jiemar.

Tak, Y., Karya, D., & Nadia, A. (2018). Analisis Unsur Cinta Dalam Perspektif Islam Pada Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. Jurnal Bahasa Dan Sastra.

Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. DEEPUBLISH.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hamrin Samad, Muhammad Alwi Mubarak, Ahmad Nabil Hikam Ali, Oriny Tri Ananda, Muhammad Farhan, Muhammad Nur Rezky Reza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat