Melalui Program Rumah Belajar Ceria Mahasiswa Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi

Fatmawati Fatmawati(1*), Fitrah Sari Insani(2), Rusda Riyani(3), Sri Ratih Anggraini(4), Wilda Wilda(5), Muliyah Asri(6), Ahmad n Haedar Nurdi(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan mendeskripsikan masalah-masalah atau kebutuhan di sekolah  dan di masyarakat yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif  berupa  hasil observasi dengan orang tua siswa terkait masalah ataupun hal yang di butuhkan di masyarakat sekitar. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah kecamatan Maritengngae kelurahan Majelling, kabupaten Sidenreng Rappang. Adanya pandemi covid-19 mengharuskan siswa belajar di rumah, sehingga kami memfokuskan untuk meneliti dan membuat program yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Setelah melakukan observasi di lingkungan masyarakat diketahui bahwa salah satu permasalahan yang ada di masyarakat yaitu kurangnya minat siswa dan motivasi  belajar dalam proses pembelajaran online. Maka dari itu  sebagai bentuk peduli terhadap siswa yang ada di   lingkungan sekitar, kami menerapkan program  belajar yang menyenangkan melalui rumah belajar ceria, dengan metode belajar sambil bermain. Adapun tujuan dari program kerja ini untuk : 1) menciptakan pembelajaran yang menyenangkan 2) peningkatan kualitas pendidikan anak dan pemberdayaan masyarakat, khususnya anak-anak di kecamatan Maritengngae kelurahan Majelling kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil dari program kerja ini adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa, minat belajar dan semangat dalam belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatmawati Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat