EDMAPAKES SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI KELURAHAN MANGALLI KABUPATEN GOWA

Sitti Nurfadhilah Basir(1*), Al Fitra(2), Nurul Annisa(3), Cakra Ikhsan Amal(4), El Fira(5), Riska Karis(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(5) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(6) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan fenomena yang memperhatikan perhatian dan menyita aktivitas semua kalangan masyarakat di seluruh dunia. Situasi pandemi meresahkan dan ketakutan bagi masyarakat luas secara global tak terkecuali masyarakat Indonesia. Warga Kelurahan Mangalli Kabupaten Gowa tidak peduli terhadap situasi dan kondisi pandemi saat ini. Salah satunya penggunaan masker dan kebijakan baru yang membuat masyarakat kembali beraktivitas seolah-olah-olah-olah-olah-olah kesadaran masyarakat bahwa dampak dari covid-19 tidak begitu ganas seperti yang diberitakan oleh berbagai media dan pandemi ini cepat teratasi sehingga masyarakat tidak menyepelekan pandemi covid- 19 ini. Hal tersebut mengakibatkan penularan covid-19 semakin meningkat.Solusi Yang diberikan hati Hal Penyanyi Yaitu melakukan edukasi TENTANG Pencegahan penularan COVID-19 DENGAN menggunakan masker Serta membagikan masker ditunjukan kepada masyrakat Sekitar agar terhindar Dari Percikan ( tetesan Yang Berasal Dari Mulut Penderita Saat batuk, bersin ATAU berbicara dengan orangutan disekitarnya Yang memuat Program hati EDMAPAKES . Metode activities Yang Program hearts dilakukan Adalah Penyanyi: (1) Perencanaan / Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Hasil Dari penerapan Program Pengabdian Yang dilakukan Adalah Masyarakat Peduli Dan mengikuti Protokol kesehatan 3M (memakai masker, Menjaga jarak pagar, Dan menunjukkan tangan) saat berada di tempat umum.Pengetahuan tentang bahaya Covid-19 sangat penting dalam pola pikir dan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik.

 

Kata kunci : Edukasi, Pencegahan, Penularan, Covid-19, EDMAPAKES


Keywords


pendidikan pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Kemenkes [Kementrian Kesehatan]. 2020. Dokumen Resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115. Jakarta: Kemenkes RI.

Pannyiwi, R. 2020. Pembagian Masker Gratis Upaya Preventif Covid-19. Jurnal Abmas Negeri 1 (1), 1–5.

Syafrida, S. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Nurfadhilah Basir, Al Fitra, Nurul Annisa, Cakra Ikhsan Amal, El Fira, Riska Karis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat