Pembuatan Hidroponik untuk Meningkatkan Karakter Peduli Kelestarian Lingkungan pada Siswa di Sekolah Berbasis Adiwiyata SD Inpres Mangasa I Kota Makassar

Muhammad Rifqienur Adiwardana(1*), Bastiana Bastiana(2), Muthiyah Salsabilah(3), Asriani Asis(4), Nurfaidawati Nurfaidawati(5), Gabriela Talebong(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


SD Inpres Mangasa 1 Kota Makassar merupakan sekolah berbasis adiwiyata yang tujuannya adalah menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada diri siswa. Setelah dilakukan renovasi sekolah, terdapat beberapa unsur adiwiyata sekolah yang rusak salah satunya adalah hidroponik. Hidroponik menjadi salah satu unsur kelestarian dan juga media belajar tentang lingkungan hidup. Dengan begitu, untuk dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa maka tim KKN UNM memberikan solusi dengan membuat hidroponik sebagai pelengkap dan dapat menambah wawasan siswa tentang lingkungan hidup. Pembuatan hidroponik dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hidroponik yang dibuat adalah hidroponik dengan sistem Deep Flow Technique (DFT) yaitu sistem yang mengalirkan air bernutrisi pada saluran hidroponik secara kontinu sehingga tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup dan dapat tumbuh dengan optimal. Hidroponik ini diletakkan di depan ruang perpustakaan mengingat juga perpustakaan adalah tempat yang sering dikunjungi oleh siswa, guru dan orang tua siswa sehingga hidroponik dapat selalu diamati oleh orang yang berkunjung. Diharapkan dengan adanya hidroponik, dapat menambah wawasan siswa khususnya menumbuhkan sikap peduli lingkungan yang diwujudkan dengan ikut serta memelihara hidroponik maupun lingkungan dimanapun berada.


Keywords


Karakter Peduli lingkungan, adiwiyata, hidroponik

Full Text:

PDF

References


Aulia Nurbaiti Mansyur, Sugeng Triyono, A. T. (2014). Pengaruh Naungan Terhadap Pertumbuhan Sawi (Brassica Juncea L.). Pada Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul.

Desfandi, M. (2015). MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal.

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography.

Fajarisma, A., Adam, B., Kebijakan, M., & Pendidikan, P. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.

Fathoni, M. Z. (2020). SOSIALISASI DAN PEMBUATAN METODE HIDROPONIK UNTUK BERCOCOK TANAM SAYURAN DI DUSUN DAUN BARAT, DESA DAUN. DedikasiMU(Journal of Community Service).

Meilinda, H., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2017). Student’s Environmental Literacy Profile Of Adiwiyata Green School In Surakarta, Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn).

Morgensen, F., & Mayer, M. (2007). ECO-schools: Trends and divergences: A Comparative Study on ECO-school develop- ment processes in 13 countries. The Journal of Environmental Education.

Mulasari, S. A. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (PENANAM HIDROPONIK MENGGUNAKAN MEDIA TANAM) BAGI MASYARAKAT SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ozsoy, S., Ertepinar, H., & Saglam, N. (2012). Can eco-schools improve elementary school students’ environmental literacy levels? Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching.

Ramli, N. H., Masri, M. H., Zafrullah, M., Taib, H. M., & Hamid, N. A. (2012). A Comparative Study of Green School Guidelines. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Sesanti, R. N., & Sismanto. (2016). Pertumbuhan dan Hasil Pakchoi (Brasicca rapa L.) pada Dua Sistem Hidroponik dan Empat Jenis Nutrisi. Jurnal Kelitbangan.

Sumarni, N., Astuti, R. W., & Mumpuni, S. D. (2020). Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL.

Warju, Harto, S. P., Soenarto, & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education.


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rifqienur Adiwardana, Bastiana Bastiana, Muthiyah Salsabilah, Asriani Asis, Nurfaidawati Nurfaidawati, Gabriela Talebong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat