“Lampion Limbah Plastik” sebagai Implementasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Novitasari Mustari(1*), Adinda Zhalzabillah Pratiwi(2), Andi Muhammad Fargly Ishak(3), Ave Marianti Momang(4), Nur Avika(5), Nurdini Fajriyanti(6), Rahmansyah Samiran(7), Ria Fitri(8),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk meminimalisir penggunaan limbah plastik khususnya gelas plastik yang hanya digunakan sekali pakai tetapi dimanfaatkan dengan baik dengan mendaur ulang. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Salah satu pemanfaatan dari limbah gelas plastik yaitu dengan pembuatan lampion berwarna.


Keywords


Lampion; 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, Ahmad Fikri, Apri Utami Parta Santi, Nurbaiti Widyasari & Quinesa Agustin. (2020). Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Menjadi Hiasan Dinding untuk Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Jalan Lele Rt 03 Rw 05. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Vol. 271, 2

Marliani, Novi. 2014. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif. Vol. 4 (2), 129.

Kusminah, Imah Luluk. (2018). Penyuluhan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dan Kegunaan Bank Sampah Sebagai Langkah Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Ekonomis di Desa Mojowuku Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya. Vol 03. (1), 27.

Putra, H.P. & Yuriandala,Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 (1), 21.

Septiani, Berliana Anggun, Dian Mita Arianie, Via Fide Aditya Andi Risman, Widhi Handayani & Isitiasri Saptuti Sri Kawuryan. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik di Salatiga: Praktik dan Tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 17, 91.

Sunari Denok, Endang Kustini, Asep Muhammad Lutfi, Rini Dianti Fauzi & Noryani. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga dengan Daur Ulang Barang Bekas. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Vol. 1 (4), 2.

Wikipedia. Daur Ulang. (2020).


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novitasari Mustari, Adinda Zhalzabillah Pratiwi, Andi Muhammad Fargly Ishak, Ave Marianti Momang, Nur Avika, Nurdini Fajriyanti, Rahmansyah Samiran, Ria Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat