Hidroponik sebagai Sarana Pemanfaatan Tanah Podsolik Merah Kuning di Desa Watang Pulu Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang

Nur Rahmida(1*), Nurul Hikmah P.Manggala(2), Tri Reski Handayani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Seiring perkembangan zaman, teknologi di bidang pertanianpun semakin berkembang pesat. Salah satunya yaitu teknologi hidroponik, hal ini dikarenakan banyaknya daerah yang memiliki kondisi tanah yang kurang ideal untuk bercocok tanam sayuran. Seperti halnya di Desa Watang Pulu yang memiliki kondisi tanah bebatuan yang dikenal dengan Tanah Podsolik Merah Kuning, sehingga diperkenalkanlah metode bercocok tanam hidroponik kepada masyarakat. Dengan ini masyarakat dapat bercocok tanam sayuran, seperti kangkung, sawi, selada dll. Proses pembuatan hidroponik dimulai dari persiapan alat dan bahan, pembuatan rangka hidroponik, penanaman bibit kangkung dan tahap terakhir yaitu sosialisasi. Adapun model hidroponik yang diguanakan yaitu DFT (Deep Flow Technique).

Full Text:

PDF

References


Amri, Iqbal, A.M. Alimin. 2017. Ibm Bercocok Tanam Secara Hidroponik Warga RT 05 RW 03 Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Makassar. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017. Hal 479-482. I

Nugroho, Bayu Widhi. 2017. Step By Step Bikin Sendiri Instalasi Hidroponik Praktis dan Hemat di Halaman Rumah. Yogyakarta : Cakrawala

Prasetyo, B. H. dan Suriadikarta, D. A. 2006. Karakteristik, Potensi, Dan Teknologi Pengelolaan Tanah Ultisol Untuk Pengembangan Pertanian Lahan Kering di Indonesia. Litbang Pertanian.Vol 2(25). 39 hal.

Sastro, Y., & Rokhmah, N.A. 2016. Hidroponik Sayuran di Perkotaan. Jakarta. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Syardiansah. 2017. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB. Vol 7(1). 57-58 hal.

Tallei, T.E., Rumengan, I.F.M., & Adam, A.A. 2017. Hidroponik Untuk Pemula. Manado: UNSRAT Press


Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Rahmida, Nurul Hikmah P.Manggala, Tri Reski Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat