Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Mengadakan Pembimbingan Kelas Belajar Anak Kelurahan Teppo Kecamatan Patampanua

Nur Safitri S(1*), Hari Hartawan(2), Andi Wulandari(3), Muhammad Syakir(4), Nurul Natasya(5), Rafifah Salsabila Suwardi(6), Sahrul Paisal(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan seharusnya sudah menjadi prioritas seluruh masyarakat di Indonesia. Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai upaya untuk mengatasi problemtika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa KKN-PPL Universitas Negeri Makassar dengan nama kegiatan “Kelas Belajar Anak di Kelurahan Teppo”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa peduli para mahasiswa terhadap anak sekolah di bidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar anak di lingkungan posko KKN-PPL Universitas Negeri Makassar Kec.Patampanua Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan prestasi akademik dan motivasi belajar anak. Kegiatan ini melibatkan siswa SD/MI yang berjumlah 20 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober sampai 5 Desember 2020 bertempat di kelurahan Teppo Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu dalam bidang bahasa dan seni. Kegiatan pembimbingan tersebut dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan. Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik.

Kata kunci: Pendampingan belajar, bimbingan belajar ,Kelurahan Teppo, KKN-PPL UNM


Keywords


Pendampingan belajar, bimbingan belajar ,Kelurahan Teppo, KKN-PPL UNM

Full Text:

PDF

References


Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar.Publikasi Pendidikan,9(1),46.https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,5(2), 172.https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Hasanah, U. (2015). Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di MtsN Amuntai. Jurnal Socius, 4(2).https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v4i2.3314

Ibrahim, A. M. (2020, April 26). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia. Diambil 2 Juni 2020, dari Https://sukabumiupdate.com/ website: https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68505-Dampak-Covid-19-TerhadapPerekonomian-dan-Kebijakan-Pemerintah-Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. , Pub. L. No. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 326 (2020).

Syah, R. H (2020). Dampak Covid-19 papa Pendidikan di Indonesia : Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. SALAM :Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.


Article Metrics

Abstract view : 278 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Safitri S., Hari Hartawan, Andi Wulandari, Muhammad Syakir, Nurul Natasya, Rafifah Salsabila Suwardi, Sahrul Paisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat