Pelatihan Penggunaan Media E-Learning menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di UPT SD INPRES 12/79 Macanang

Asmita Asmita(1*), Fiana Tami Putri(2), Putri Sahan(3), Dede Septyan Sadewo(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

Pelatihan penggunaan media e-learning menggunakan aplikasi zoom meeting di UPT SD INPRES 12/79 Macanang dilakukan karena adanya permasalahan yaitu guru hanya menggunakan satu aplikasi e-learning yaitu whatsApp yang membuat interaksi hanya berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu,  peserta didik terkesan bermasa bodoh terhadap pembelajaran karena tidak bertatap muka dengan guru atau dengan kata lain, kurangnya kontrol kepada peserta didik. Selanjutnya kurangnya pemahaman guru terhadap media e-learning. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan guru dapat melakukan pembelajaran online menggunakan aplikasi zoom meeting sehingga dapat mengatasi masalah tersebut. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara, presentasi, dan demonstrasi. Adapun tahap pelaksanaannya yaitu mengumpulkan informasi, pemberitahuan pelaksanaan pelatihan kepada guru dan pelaksanaan pelatihan. Adapun hasil pelaksanaan pelatihan ini adalah guru yang mengikuti pelatihan sudah bisa menggunakan aplikasi zoom meeting baik membuat jadwal pertemuan, menjadi peserta, mengaplikasikan beberapa fitur yang terdapat di zoom meeting.

 


Full Text:

PDF

References


Edi, F. R. . (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: Leutikaprio.

Manara, Erni R.; Halimah, A. (2015). Pengaruh Tata Ruang Kelas dan Media Visual terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 124–129.

Mulyadi, Ismail, M. R. dan W. (2015). Buku Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Makassar. Makassar: UNM.

Paksi, H. dan L. A. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59.

Widjaja, D. C., & Jokom, R. (2017). Analisa Efektivitas Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Bumi Surabaya City Resort. 191–204.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurmita Janna, Asmita Asmita, Fiana Tami Putri, Putri Sahan, Dede Septyan Sadewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat