Pembuatan Taman Literasi Sebagai Daya Tarik Sekolah

Sitti Halijah(1*), Kurniaty Rahman(2), Muh Haedir(3), Anggy Riswana(4), Nur Afrah(5), Awaluddin Syahwar(6), Syamsu Rijal(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Jumlah peserta didik keselurahan di sekolah SD Negeri 185 Cilellang hanya berjumlah 24 siswa. Jumlah tersebut terbilang sangat sedikit dibandingkan sekolah lain yang mencapai 80 sampai 100 siswa secara keseluruhan. Membaca sangat menunjang untuk perkembangan peserta didik.Taman merupakan
ruang terbuka yang hijau identik dengan bunga-bunga kemudian dihiasi lingkungan suasana yang sejuk yang berada disuatu tempat baik itu ditempat umum maupun berada lingkungan sekolah. Sehingga pembuatan taman literasi sangat tepat dilakukan sebagai daya tarik sekolah mengingat jumlah siswa SD
Negeri 185 Cilellang terbilang sangat kurang, sehingga pembuatan taman literasi sekolah sangat tepat untuk dilakukan. Strategi ini juga menumbuhkan semangat siswa dalam membaca diruang terbuka karena siswa menyukai suasana yang baru mereka lihat. Siswa diberikan kebeasan membawa bacaan apa saja dilokasi taman literasi sekolah maupun bermain dilingkungan tersebut. Metode kegiatan
pengabdian 1) Penanaman tanaman hijau serta bunga-bunga dilingkungan yang telah disediakan 2) Menempatkan meja dan kursi pada lokasi taman literasi 3) Pembuatan tembok literasi sebagai simbol.
Kata kunci : Taman, Literasi, Daya Tarik


Keywords


Taman, Literasi, Daya Tarik

References


Hartika, Y., & Yuliani, F. (2016). Sosialisasi Taman Bacaan Masyarakat di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University)

Ilmiajayanti, F., & Dewi, D. I. K. (2014). Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas Dan Pemanfaatannya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Meimudayanti, L. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-12.

Ramadhani, W. S., & Indah, E. N. K. (2016). Penerapan Pembelajaran Outdoor Learning Process

(OLP) Melalui Pemanfaatan Taman Sekolah Sebagai Sumber Belajar Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3),1-7.

Subagio, R. P., Thamrin, D., & Rakhmawati, A. (2018). Implementasi Konsep Taman Baca Dalam Redesain Interior Perpustakaan Umum Sebagai Sarana Edukasi Dan Rekreasi Di Kota Surabaya. Intra, 6(2), 78-82.

Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan

Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.

Zohriah, A. (2015). Analisis Standar Sarana dan Prasarana. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 53-62.


Article Metrics

Abstract view : 135 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Halijah, Kurniaty Rahman, Muh Haedir, Anggy Riswana, Nur Afrah, Awaluddin Syahwar, Syamsu Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat