Pemberdayaan Masyarakat melalui Edukasi Aksi Bersih Sebagai Upaya Sanitasi Kesehatan Lingkungan di Kelurahan Mangalli

Putri Magfirah Salsabila(1*), Achmad Qhuzairy Qarasyi(2), Nisaul Karimah(3), Ulfi Aulia Suratman(4), Nurul Annisa(5), Alda Resal(6),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(5) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(6) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Kelurahan Mangalli mengalami permasalahan sampah yang diakibatkan oleh tingkah laku penduduk yang tidak memiliki kesadaran terkait kebersihan lingkungan yang disertai dengan tidak adanya edukasi dari pemerintah setempat dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu,pengabdi memberikan solusi melalui program pemberdayaan bagi masyarakatnya dalam bentuk kegiatan berupa aksi bersih yang melibatkan masyarakat sekitar serta pemerintah setempat. Kegiatan tersebut sebagai upaya mengedukasi masyarakat setempat agar peduli dengan kebersihan lingkungan. Metode kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah : (1) Perencanaan/persiapan, (2) Penyuluhan pemahaman hidup bersih, (3) Pelaksanaan aksi bersih, (4) Pembuatan dan pemasangan gapura, (5) Evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil dari penerapan program pengabdian yang telah dilakukan adalah masyarakat setempat sudah mulai memiliki kesadaran terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya dan melakukan aksi bersih lingkungan setiap pekannya serta menjadikan wilayah kelurahan Mangalli yang jauh dari sampah dan dapat menjadi wilayah acuan dalam penegakan kebersihan lingkungan.

Kata Kunci: aksi bersih, lingkungan, edukasi, kebersihan.

 


Full Text:

PDF PDF

References


Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1), 37- 49.

Darmawan, I., Haq, M, D., Egaputri, K, D. (2020). Edukasi Mengenai Sampah dan Sanitasi Lingkungan di Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Dharmakarya, 9(3), 163-166.

Elizabeth, M. Z. (2017). Program Pengelolaan Kebersihan Lingkungan di Pesentren. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 17(1), 153-172.

Iskandar, A. A. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 79-84.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 2 times PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Magfirah Salsabila, Achmad Qhuzairy Qarasyi, Nisaul Karimah, Ulfi Aulia Suratman, Nurul Annisa, Alda Resal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat