Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Games Di Era Normal Baru

Nur Fandi Ati(1*),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan yang terdapat di SMAN 18 Bulukumba kecamatan Kajang kabupaten Bulukumba provinsi Sulawesi selatan adalah banyaknya siswa yang merasa terisolasi dari relasi pertemanan dan mengalami rasa bosan terhadap proses pembelajaran secara daring maupun luring, sementara pandemi Covid-19 tidak kunjung usai sehingga belum diketahui pasti kapan proses pembelajaran dapat kembali normal. Disamping itu, pandemi membawa pengaruh emosional yang cukup besar terhadap siswa, diantaranya banyaknya siswa yang memilih untuk menikah dibandingkan sekolah dalam masa pandemi. Banyak orang tua siswa yang berpendapat bahwa sekolah dengan konsep Belajar Dari Rumah (BDR) tidak mempunyai manfaat atau sama saja dengan anak yang tidak bersekolah. Berdasarkan hal tersebut, motivasi belajar yang dimiliki sebagian besar siswa sangat rendah. Oleh karena itu, motivasi belajar siswa SMAN 18 Bulukumba dapat dibangun melalui metode pembelajaran games yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPL Terpadu angkatan XXI Universitas Negeri Makassar tahun 2020.Issues contained in SMAN 18 Bulukumba Kajang district, Bulukumba district, south Sulawesi province, is the number of students who felt isolated from friendship and experience a sense of bored towards the process of learning online or offline, while the pandemic Covid-19 not long after so it is not known exactly when the learning process can return to normal. The pandemic brings the emotional impact to students, including the number of students who choose to marry compared to schools in times of pandemic. Many parents argue that the school with the concept of Learning From Home (BDR) do not have benefits or be alone with children are not in school. Based on this, the motivation to learn, which owned the majority of students is very low. Therefore, the learning motivation of students of SMAN 18 Bulukumba can be built through the methods of learning games made by the students of KKN-PPL Integrated force XXI State University of Makassar the year 2020.Kata kunci : Peningkatan, Motivasi Belajar Siswa, Games, Normal Baru

Keywords


Peningkatan, Motivasi Belajar Siswa, Games, Normal Baru

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Rahmat. 2018. Gadjah Mada. Game-Based-Learning. Jurnal vol.26, No.2,71-85.

Raniry, -Ar. 2012. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Universitas Islam Negeri.

McGonigal, J. (2011). Reality is broken: why games make us better and how they can change the world. New York, NY: The Penguing Press.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Fandi Ati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat