Pembenahan Kampung Sehat di Kelurahan Jagong, Kabupaten Pangkep

Nurfaillah .(1*), Eric .(2), Angga Prasetyo(3), Andi Arun Anugrah(4), Asmaul Husna Kalam(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tridharma Perguruan Tinggi mengatur perguruan tinggi untuk peduli memecahkan masalah di masyarakat, di antaranya melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kampung yang berada di Kelurahan jagong merupakan salah satu permukiman yang kondisi lingkungannya kurang memenuhi syarat kesehatan. Sanitasi rumah-rumah di kampung Kelurahan Jagong tidak memenuhi standar. Buruknya kondisi lingkungan permukimannya dapat mengakibatkan kebanjiran pada Kelurahan Jagong serta diare, demam berdarah, dan penyakit-penyakit lainnya yang dapat menyerang tubuh masyarakat Kelurahan Jagong oleh tumpukan sampah. Hal ini diakibatkan oleh petugas kebersihan yang tidak mengangkut sampah-sampah rumah tangga di Kelurahan Jagong sehingga masyarakat membuang sampah-sampah tersebut ke sungai dan terjadilah tumpukan sampah di samping sungai. Melihat hal tersebut, kami menghadirkan solusi agar Kelurahan Jagong tidak mengalami kebanjiran yaitu dengan mengangkut tumpukan sampah-sampah rumah tangga yang berada di samping sungai Kelurahan Jagong dan berkoordinasi dengan petugas kebersihan dalam hal pengangkutan sampah-sampah rumah tangga yang berada di Kelurahan Jagong.

Keywords


Pembenahan, kampung sehat dan kesehatan

Full Text:

PDF

References


Amos Neolaka. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta dan Jamanti.

Alex, S. 2012. Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Anwas, Oos M. 2010. Model Posdaya dalam Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9Tahun.

Jakarta: Artikel Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.16 No. 2 Maret 2010.

Hendri Hadiyanto. 2016. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Keluarga Di Posdaya Al- Fadillah. Jurnal Surya: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 2.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) Revisi ke-4. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

http://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_1480491056BAB

_2.pdf (diakses, 8 Desember 2020)

https:nasional.tempo.co/read/555238/damardjati-mensana-incorpore-sano-salah-kaprah.html?m=1 (diakses, 12 Desember 2020)

http://www.sepengetahuan.com/2015/11/10-pengertian-kesehatan-menurut-para-ahli-terlengkap.html (diakses,12 Desember 2020)


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurfaillah Nurfaillah Nurfaillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat