Pemanfaatan Botol Plastik Bekas sebagai Media Tanam dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Sekolah SMA Negeri 1 Wonomulyo

Yusril Anugrah Juarta(1*), Ainun Jariah Usman(2), Siti Rahmawati(3), Dina Purnamasari(4), Akmal Hak(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Akhir-akhir ini sekolah di berbagai daerah pada umumnya hanya sedikit yang memiliki taman sekolah, tetapi semua itu pun tidak dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Upaya menanamkan kesadaran dalam memahami pentingnya mencintai dan melestarikan lingkungan perlu  dimulai sejak usia sekolah. Salah satunya melalui program penataan dan pemanfaatan lahan tak produktif sebagai proses pendidikan lingkungan kepada siswa-siswi. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sebagai wujud pola hidup sehat, bersih, asri, dan nyaman untuk proses pembelajaran sekaligus untuk melestarikan alam di Indonesia. Metode yang digunakan diantaranya membuat taman kreasi dengan memanfaatkan barang bekas serta menambah pengadaan tempat sampah sekolah. Pembuatan taman kreasi dilakukan pada sisi samping kelas dan area halaman ruangan guru dengan dipenuhi tanaman yang beragam serta meletakkan pot pada area strategis yang mudah dijangkau oleh siswa-siswi.Hasil dari kegiatan ini kesadaran siswa-siswi sudah mulai tumbuh untuk menjaga dan merawat taman sekolah. Terlihat dari kebiasaan menyiram tanaman yang dilakukan disekolah

Keywords


Edukasi, Lingkungan, Botol Plastik Bekas, Daur Ulang

Full Text:

PDF

References


Aisyah, R. N., Arifah, K., Bahanan, Z., Nimah, S., & SI, K. N. (2020). Pemanfaatan Lahan Tak Produktif Sebagai Upaya Edukasi Siswa Untuk Melestarikan Lingkungan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 165-170.

Ariani, A. (2018). Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Menjadi Media Tanam (POT) Di Lahan Sempit. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1-7.

Haifaturrahmah, H., & Nizaar, M. (2017). Pemanfataan Botol Plastik Bekas sebagai Media Tanam Hidroponik dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar terhadap Lingkungan Sekitar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 10-16.

Lisdiana, L., Widiyaningrum, P., & Nurrohmah, S. (2016). Pengelolaan Sampah Plastik Dii Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Sari, D. M. M., Prasetyo, Y., & Kurniawan, A. (2018). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Masyarakat Pedesaan Sebagai Alternatif Menciptakan Kawasan Hijau Dengan Memanfatakann Sampah Botol Plastik Sebagai Media Tanam Toga Dengan Sistem Vertikultur. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusril Anugrah Juarta, Ainun Jariah Usman, Siti Rahmawati, Dina Purnamasari, Akmal Hak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat