Pelestarian Alam dengan Menanam Pohon

Agung Muladi(1), Andi Farid Riadi(2), Rahma wati(3), Ahmad Mushlih(4*), Rezky Aulianty Usman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masa pandemi virus Covid-19 memaksa perubahan perilaku manusia, terutama interaksi antara sesama manusia untuk mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19. Sosial distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengharuskan sebagian besar wilayah menutup diri untuk pendatang. Akibatnya sejumlah objek wisata harus ditutup. objek wisata adalah salah satu sektor penyumbang pendapatan Negara, sehingga diharuskan untuk terus memlihara dan menjaga objek wisata tersebut. Tak sedikit di Indonesia objek wisata yang indah namun cenderung kurang tertatah baik dari segi kebersihan maupun keasrian. Hal tersebut menuntut untuk kita sebagai warga Indonesia secara umum, dan khususnya sebagai warga yang berada di sekeliling tempat wisata untuk turut andil dalam pemeliharaan dan perawatan tempat wisata. Menyikapi hal tersebut, Mahasiswa KKN-PPL Universitas Negeri Makassar Angkatan XXI Tahun 2020 berinisiatif melaksanakan penanaman pohon sebagai langkah awal dalam merawat dan memelihara objek wisata. Penanaman pohon ini dinilai cukup relevan ditengah kondisi saat ini dimana maraknya pembabatan hutan secara liar. Dengan adanya pembatasan sosial dapat dijadikan faktor pendukung untuk melakukan penanaman di masa sekarang, karena mencegah keramaian dan kami dan warga sekitar bisa mencegah penularan virus Covid-19 ini

Keywords


Covid-19, Menanam,Wisata, KKN,

Full Text:

PDF

References


Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu pendidikan. Vol.2, No.1.

Gamal, Suwantoro. 2002. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hamzens, W.P.S. 2013. Penataan Kawasan Wisata dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan. E-Journal. 1 (3). 6-11.

Ihsantika Aliya. Pentingnya Penghijauan di Kota. Kompasiana 23 Agustus 2013.

Lanny W., Amatus T., Maya P., Charliany H., Yerrinaldo L. 2019. Kepedulian Terhadap Lingkungan : Penanaman bibit pohon di Taman Wisata Alam (TWA) Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Sorong.

Pattiwael, M. 2018. Konsep Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi Di Kampung Malagufuk Kabupaten Sorong. Journal of Dedication to Papua Community (J-DEPACE).

Rusman, Heriawan. 2004. Peranan dan Dampak Pariwisata pada Perekonomian Indonesia: Suatu Pendekatan Model I-O dan SAM. Disertasi. Doktoral Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Siagian, T.H. 2020. Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona Dengan Dicourse network analysis. Jurnal kebaikan kesehatan indonesia.

Tjibtono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wolah, Ferni Fera Ch. 2016. Peranan Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. Acta Diurna.

Yoeti, Oka A. 1991. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Muladi, Andi Farid Riadi, Rahma wati, Ahmad Mushlih, Rezky Aulianty Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat