Mentoring Pembuatan Tempat Sampah Otomatis Berbasis Arduino di SMKN 3 Soppeng

Muhammad Shaqis(1*), Nurul Wahidah(2), Nirmala Syawal(3), Sakrina Sakrina(4), Nur Amilah(5), Firman Setia Waruwu(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tempat sampah sudah banyak tersedia diberbagai tempat, namun masih ada sebagian masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap serta kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Untuk menyadarkan kembali masyarakat sekolah, beberapa tempat sampah dibuat semenarik mungkin agar masyarakat tertarik untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah yang dirancang dapat membuka penutup tempat sampah secara otomatis, akan mendeteksi sampah yang akan dimasukkan ke dalamnya Ketika berjarak 20 cm. Ketika sampah tersebut dimasukkan ke dalam tempat sampah, maka akan terdeteksi dan akan langsung mengeluarkan suara yang disimpan melalui modul MP3 yang berbunyi “Terima kasih telah membuang sampah pada tempatnya”. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, seluruh modul sensor, modul pemroses, modul pengirim dan modul penerima dinilai dapat bekerja dengan baik dan efektif. Sistem yang telah dibuat sedemikian rupa diharapkan dapat menjadi produk yang bermanfaat untuk SMKN 3 Soppeng.


Keywords


tempat sampah, Arduino, sensor, otomatis, mentoring

Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul .2012. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrograman Menggunakan Arduino Abdul Kadir. Yogyakarta:ANDI.

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Smart Trash Bin Di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika : Engineering and Sains Journal, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.1116487

Setiawan, D., Syahputra, T., & Iqbal, M. (2014). Rancang Bangun Alat Pembuka Dan Penutup Tong Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, Volume 1, Nomor 1, Desember 2014, Hlm 55-62, 1(1), 55–62.

Purnama, Iwan & Zuhri Harahap, Syaiful & Ritonga, Ali. (2020). RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS PADA UNIVERSITAS LABUHANBATU. JURNAL INFORMATIKA. 8. 81-84. 10.36987/informatika.v8i2.1780.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KKN PPL SMKN 3 Soppeng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat