Green House sebagai Bentuk Pembudidayaan Tanaman dan pemanfaatan lahan sekolah

Ismawati Rahim(1*), Khairunnisa .(2), Tri Asdilla(3), Ika Wardani(4), Ifka Reffiliani Reffiliani(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Kondisi lingkungan yang tidak mendukung, pemukiman yang padat dan kurang teratur ditambah dengan gersangnya kota makassa, dan adanya penyebaran virus co-vid 19 membuat bangunan sekolah tidak lagi digunakan untuk preses belajar mengajar sehingga menyebabkan lingukan dan taman yang tidak teratur dan terawat. Bunga menjalar dimana-mana, daun kering menumpuk, dan tidak terpakainya lahan sekolah serta matinya tanaman pada green house. Sehingga di tawarkan untuk melakukan kegiatan green house dan pemanfaatan lahan yang kosong serta Tahapan Pra kgiatan yaitu melakukan observasi awal dan pendataan kondisi taman sekolah, tahap kegiatan yaitu melakukan proses pembersihan lahan atau lokasi hingga penanaman bibit. Adapun untuk pasca kegiatan yaitu pemliharaan tanaman. Untuk hasil kegiatannya yaitu kegiatan adanya green house dengan tanaman sayuran dan beberapa taman yang tersusun rapi di ligkungan sekolah

Unfavorable environmental conditions, dense and irregular settlements coupled with aridness of the city of Makassa, and the spread of the co-vid 19 virus made school buildings no longer used for teaching and learning processes, resulting in irregular and well-maintained surroundings and parks. Flowers creeper everywhere, dry leaves accumulate, and school land is not used and plants die in green houses. So that it is offered to carry out green house activities and use of empty land as well as Pre-activity Stages, namely conducting initial observations and data collection on the condition of the school garden, the activity stage namely carrying out the process of clearing the land or location to planting seeds. As for post-activity, namely plant maintenance. For the results of the activity, namely the activity of a green house with vegetable plants and several gardens neatly arranged in the school environment

Kata kunci:Plant, Green house, Vegetable dan school


Keywords


Tanaman, Adiwiyata, Covid, Sekolah

Full Text:

PDF

References


CCNIndonesia.com 2020, 13 Desember.”BNPB catat 2.676 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Tahun 2020”.Data tingkat bencana di Indonesia 2020” Diakses pada tanggal 18 Desember 2020. https://m.ccnindonesia.com/nasional/20201213165127-20-581569/bnpb-catat-2676-bencana-alam-terjadi-sepanjang-2020.

Desfandi, M., Syiah, U., & Banda, K. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Indar, P. B., & Nurul, U. (2018). BUDAYA SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN. 3, 11–21.

Jufri, Fua, J. La, & Nurlina, R. U. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NENGERI 1 BARUGA KOTA KENDAR. 2, 164–181.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ismawati Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat