Pembuatan Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Peserta didik SDN Bayang Makassar

Adelifia Fattah(1*), Yuspita Dewi(2), Nurhafsah .(3), Suharmita .(4), Bastiana .(5), Nurfadillah .(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Program ini mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan minat baca peserta didik Sekolah Dasar Negeri Bayang Makassar melalui pembuatan pojok baca tiap kelas khususnya kelas 2,3 dan 5. Metode pelaksanaan kegiatan melalui tiga tahap,yakni (1) Tahap pra lapangan, (2) Tahap pengerjaan dan (3) Tahap analisis data melalui observasi dan wawancara subjek kelas rendah dan tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, program ini dianggap sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan dan menumbuhkan minat baca peserta didik. Hal ini terbukti dari data, bahwa sebelum adanya pojok baca terdapat peserta didik yang tidak membaca sama sekali diluar jam pelajarannya, dan setelah adanya pojok baca minat baca peserta didik tumbuh dan meningkat yang dulunya hanya membaca satu atau tidak ada sama sekali sekarang peserta didik mampu membaca dua hingga lebih buku diluar jam pelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adelifia Fattah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat