Pembinaan Karakter Siswa melalui Pelaksanaan Sholat Sunnah Dhuha dan Zikir Bersama di MTs Miftahul Khair Hartaco

Salmah Islamiati(1*), Bastiana .(2), Muhammad Zaki Izzulhaq(3), Nurul Indri Wahdaniyah(4), Titin Wulandari(5), Chusnul Muhammad(6), Aslia Jalil(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan karakter yaitu proses pemberian bimbingan kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang berkarakteristik hati, berpikir, jasmani dan rohani rasa. Pendidikan karakter merupakan salah satu benteng pertahanan yang dibutuhkan dalam perbaikan moral. Pendidikan karakter dalam pandangan islam sudah dilaksanakan sejak dini, salah satunya adalah salat Dhuha. Pembinaan karakter melalui media sholat dhuha ini adalah pendidikan karakter mengatasi degradasi moral, pola pikir, dan perilaku siswa. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk membentuk karakter religius siswa MTs agar terbiasa dalam menjalankan sunnah nabi. Adapun yang menjadi fokus pengabdian ini adalah pengembangan karakter religius (kecintaan pada tuhan), tanggung jawab, dan karakter disiplin.siswa melalui pembiasaan shalat dhuha dan zikir bersama dalam aspek input, proses dan output di MTs Miftahul Khair Hartaco Kota Makassar.Hasil menunjukkan bahwa pembinaan karakter yang dilakukan di MTs Miftahul Khair Hartaco sudah melalui Media sholat dhuha yang digunakan oleh siswa dan guru. Sedangkan nilai Karakter yang dikembangkan adalah seorang religius yang tercermin dalam beberapa perilaku atau tindakan siswa seperti melakukan sholat dhuha terus menerus, disiplin yang mencerminkan tertib berperilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan, dan Tanggung Jawab tercermin dari kesadaran untuk menjalankan tugas sholat dhuha dan kewajiban baik tanpa tanggapan.Kata kunci: pembinaan karakter, shalat dhuha, zikir. 

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salmah Islamiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat