Bahan Ajar Pelatihan Sederhana untuk Media Pembelajaran Berbasis Labseries 2020

Asrul Burhan(1*), Andi Ahmad Rifki(2), Nur Annisa Yusuf(3), Alvina Nurulita(4), Fitri Hidayanti(5), Selvi Sudirman(6), Citra Rosalyn Anwar(7),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Inovasi media pembelajaran sangat penting dikembangkan terkhusus pada masa pandemic Covid-19. sejalan dengan itu pengembangan bahan ajar sangat dibutuhkaan .Artikel ini menggambarkan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh 28 Mahasiswa KKNPPL di lokasi  Teknologi Pendidikan FIP UNM. Pelatihan pembuatan media pembelajaran secara daring ini,sesuai dengan kompetensi mahasiswa dan kebutuhan masyarakat di lokasi penelitian. Kegiatan ini bekerjasama dengan Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UNM, Mahasiswa dan FKKG Kota Makassar. Terdiri dari 12 Program pelatihan, sesuai dengan prinsip satu mahasiswa satu program. Mahasiswa KKN PPL XXI yang berlokasi di Prodi Teknologi Pendidikan, terdiri dari 28 Mahasiswa, berasal dari program studi Teknologi Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar biasa dan Pendidikan Sosiologi. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari peserta yang dating dari berbagai latar belakang Pendidikan dan profesi, baik melalui zoom maupun youtube. 

ABSTRACT

Learning media innovation is very important to be developed especially during the Covid-19 pandemic. In line with that, the development of teaching materials is urgently needed. This article describes the training activities carried out by 28 KKNPPL students at the FIP UNM Educational Technology location. This training on making learning media online is in accordance with student competencies and the needs of the community in the research location. This activity is in collaboration with the FIP UNM Educational Technology Laboratory, Students and FKKG Makassar City. Consists of 12 training programs, according to the principle of one student one program. PPL XXI KKN students located in the Education Technology Study Program, consist of 28 students, from the Education Technology, Guidance and Counseling study programs, Special Education and Sociology Education. This activity received appreciation from participants who came from various educational and professional backgrounds, both through zoom and youtube.

Kata kunci: Pelatihan, Media pembelajaran, KKN, Teknologi, Mahasiswa


Keywords


Pelatihan; Media pembelajaran; KKN; Teknologi; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. Media Pembelajaran. 2017. Jakarta : PT RajaGrafindo

Persada

Elfachmi Kuneifi Amin. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta :

Penerbit Erlangga.

Efendi Sugianto Elvas & susilowibowo Joni. Pengembangan Bahan

Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi

Pembelajaan Berbasis Scientific Approach pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK). (Online). Vol 02. No 2.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9434/9330 ( Diakses pada tanggal 11 Desember 2020).

Miftah, M.Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Kwangsan. (online) Vol 2. No 1.

https://www.neliti.com/publications/286949/pemanfaatan-media-pembelajaran-untuk-peningkatan-kualitas-belajar-siswa

(Diakses pada tanggal 11 Desember 2020)

Nurhasanah Aan. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PGSD Universitas Kuningan. Jurnal Pendidikan Dasar EduHumaisa. (Online). Vol 9. No 2. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/7017/4892 (Diakses pada tanggal 20 November 2020).

Saidah. 2016. Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan Secara Global Dan Nasional. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Setyaningsih, K. Analisis Perbandingan Pemikiran Pendidikan Antara Al-Ghazali Dengan BF Skinner. Tadrib. (online). Vol 1. No 1.

https://www.neliti.com/id/publications/256971/analisis-perbandingan-pemikiran-pendidikan-antara-al-ghazali-dengan-bf-skinner

(diakses pada tanggal 14 Desember 2020)

Saputra, H., & Anwar, C. R. DIGITAL DAN PENGANTAR SINEMATOGRAFI: BUKU AJAR YANG BERCERITA. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, (Online). Vol 5 No 1.

http://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/592

(Diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Silitonga, I. D., & Purba, D. O. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIMASA PENDEMI COVID 19. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (PENDISTRA), (Online). Vol. 3 No 1.

http://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/772/pdf1

( diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Tania, L. Pengembangan Bahan Ajar e-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran

Kurikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). (online). Vol 5. No. 2.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21294

(diakses pada tanggal 14 Desember 2020)

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 293 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asrul Burhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat