Pembuatan Tempat Sampah dalam Penerapan Lingkungan Hidup Sehat dan Bersih di Desa Bonto Marannu

Suci Afianti Ramadhani(1*), Indah Sari(2), Saparul Amri(3), Muh Fachrul Fani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri MAKASSAR
(3) Univeristas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dalam proses Kuliah Kerja Nyata (KKN) pengabdian di dalam masyarakat sangat diperlukan guna untuk  memberikan kenangan-kenangan kepada masyarakat baik berupa fisik maupun nonfisik. Sepertihalnya dengan membuat sesuatu yang dapat di pergunakan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat yang ada di Desa Bonto Marannu. Pembuatan tempat sampah adalah salah satu dari beberapa Proker yang kita peradakan di desa. Hal itu kami lihat dari kurangnya sarana yang menunjang penerapan lingkungan masyarakat hidup bersih dan sehat. Dalam hal ini sikap kepedulian lingkungan harus dipupuk terus menerus supaya nantinya menjadi manusia yang mempunyai kepedulian lingkungan yang tinggi sehingga tidak lagi terjadi kerusakan lingkungan akibat ulah manusia di kemudian hari. Selama ini anggapan hidup bersih dan sehat adalah tanggung jawab dokter atau bidang kesehatan. Padahal anggapan seperti itu tidak dibenarkan, karena hidup bersih dan sehat adalah hak dan kewajiban semua orang.  Maka  Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong masayarakat dalam menerapkan lingkungan hidup bersih dan sehat. Pelaksanaan kegiatan pembuatan tempat sampah ini direalisasikan pada 3 dusun yang ada di  desa bonto marannu, yaitu dusun tangkuru, dusun tambua dan dusun tanringmata. Harapan kami dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini kondisi lingkungan lebih bersih dan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan serta dapat merawat fasilitas tempat sampah.

Kata Kunci: Lingkungan Bersih Dan Sehat, Tempat Sampah, Desa Bonto Marannu


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Z. L. (2017) “Pola Hidup Sehat” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan as Islam Nusantara.

Barat, T. et al. (2018) ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Menjadi Nilai Ekonomis dan Pembentukan Bank Sampah’, 1(2017), pp. 157–161.

Departemen Kesehatan, RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS 2013). Jakarta : Departemen Kesehatan

Maryunani, A. 2013.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.Jakarta:CV Trans Info Media

Marlina, R. L. 2011. Analisis Manajemen Promosi Kesehatan Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga di Kota Padang Tahun 2011.Padang. Universitas andalas

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Lina P. L., (2016) Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang, Jurusan Keperawatanpoltekkes Kemenkes Padang Jurnal Promkes.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suci Afianti Ramadhani, Indah Sari, Saparul Amri, Muh Fachrul Fani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat