Pelatihan Pengguaan Aplikasi Desain Photoshop dan CorelDRAW untuk Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Siswa di SMK Telkom Makassar

Agus Riyadi(1*), Makmur Makmur(2), Andris Ruse(3), Tri Suhardi(4),

(1) State University of Makassar
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Dunia desain grafis adalah bidang yang terus mengalami perubahan sehingga dibutuhkan skill dan kreativitas yang sesuai dengan perkembangan desain grafis itu sendiri. Setelah melakukan evaluasi minat siswa, terdapat beberapa siswa di SMK Telkom Makassar yang berminat dibidang desain grafis. Dimasa pandemi ini banyak pelatihan atau pembelajaran desain grafis secara online namun dirasa kurang efektif karena tidak dapat berinteraksi langsung dengan pengajar. Oleh karena itu kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Makassar yang bertempatkan di SMK Telkom Makassar mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi desain Photoshop dan CorelDRAW untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas siswa SMK Telkom Makassar. Pengabdian ini dimulai dengan kegiatan sosialisasi kepada siswa untuk menghadirkan siswa guna memperkenalkan dan melakukan pelatihan penggunaan aplikasi Photoshop dan CorelDRAW. Dari kegiatan ini siswa mampu mehami dasar-dasar penggunaan aplikasi Photoshop dan CorelDRAW dan memahami perbedaan dari ke dua aplikasi tersebut.

Keywords


Desain Grafis; Adobe Photoshop; CorelDRAW; Inovasi; Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Agustina, R, 2017, “Pelatihan Desain Grafis untuk Perangkat Desa dalam Rangka Peningkatan SDM di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, No. 1.

Ali, M. & Asrori, M.(2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis.

Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 4(1) 59 – 62.

Dewi, Mega Sivia. (2012). Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto Bagi Anak Tunarungu. E-Jupekhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(2) 260 – 270.

Hidayat, Heri. 2011. Menjadi Master Photoshop Untuk Pemuia Dari Nol Hingga Mahir. Jakarta: Dunia Komputer.

Ilham, Mughnifar. 2019. Pengertian Photoshop – Sejarah, Fungsi, Keunggulan dan Kelemahan. https://materibelajar.co.id/pengertian-photoshop/

M. Leo Agung, 2011. Element 9 Untuk Pemula. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Rakib, Muhammad et al. 2020. “Determinants of Entrepreneurial Intetion: Empircal Study of Student Entrepreneurs." Academy of Entrepreneurship Journal 26(3): 1–12.

Rakib, Muhammad, Agus Syam, and Hajar Dewantara. 2020. “Pelatihan Merancang Bisnis Online Di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa.” Jurnql Dedikasi. 22(2): 129–34.

Rais, Afriliana, dan Budihartono. 2018. Peningkatan Ketrampilan Multimedia Corel Draw di SMK Assalifiyah Kota Tegal. Jurnal ABDIMAS PHB, 1(1) : 55-61.

Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2011.

Suryanto, Fajar. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Produktif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5 (2), 15-23.

Widianti, D, (2016). Pengaruh Dimensi Strategi dan Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Suatu Perusahaan Menggunakan Metode Tobin’s Q. Skripsi S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandung.

Widiyanto, Rahmad.2006.Teknik Profesional CorelDraw X3.Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Riyadi, Makmur Makmur, Andris Ruse, Tri Suhardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat