Penataan Perpustakaan di UPTD SPF SD Negeri 129 Abbanuange untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik

Satri Ayu(1*), Ika Rahmatang(2), Silvia Audilya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penataan ruangan perpustakaan perlu dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan dengan berbagai aspek. Ruangan yang tertata rapi akan membuat suatu peprustakaan memberikan suasana yang nyaman sehingga pemustaka dapat tertarik untuk membaca. Mengidentifikasi masalah atau kendala di lokasi KKN yang ditemukan di KKN UPTD SPF SD Negeri 129 Abbanuange adalah tatanan perpustakaan yang kurang menarik sehingga penggunaan perpustakaan tidak maksimal.

Solusi yang ditawarkan hal tersebut adalah dengan menata kembali tatanan perpustakaan yang kurang menarik dengan menambahkan dekorasi yang menarik, tatanan meja yang nyaman, dan suasana yang kondusif. Sebuah perpustakaan yang memiliki struktur bangunan dan ruangan yang baik serta bahan pustaka yang tertata rapi akan memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pustakawan dan pemustaka.

Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah persiapan alat dan bahan. Alat dan bahan yang dipersiapkan ini adalah kertas warna warni, kardus, lem, gunting, cat, kuas, printer dan laptop. Kemudian melakukan pendekorasian, menempelkan beberapa kata-kata motivasi kemudian ditempel di dinding perpustakaan dan poster motivasi di sudut ruangan. Selain itu, melukis gambar buku di bagian belakang petugas perpustakaan. Selanjutnya penataan ruang perpustakaan yang dilakukan adalah membuka bilik kecil. Dekorasi yang menarik dapat menambah ketertarikan pemustaka dan mengakibatkan pemustaka betah berlama-lama di perpustakaan Dengan suasana lingkungan yang menarik dapat meningkatkan minat baca peserta didik.


Keywords


Penataan, perpustakaan sekolah, dan minat baca

Full Text:

PDF

References


Anugrah Dexa, Ardoni. 2013.”Penataan Ruangan Di Perpustakaan Umum Kota Solok”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan.Vol. 1, No. 2. : 1–8.

Budiywono Eko . 2015. ” Manfaat Penataan Ruang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi”. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam. Vol 7, No 1: 127-140.

Encang Saepudin, Pawit M. Yusup, dan Rully Khairul Anwar. “Penataan Perpustakaan Sebagai Upaya Penigkatan Layanan Perpustakaan Sekolah”.

Kasiyun Suharmono. 2015.”Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa”. JURNAL PENA INDONESIA (JPI). Vol 1, No 1.

Suherman Rakmin.2016 .“Penataan Perpustakaan Sebagai Upaya Penigkatan Layanan Perpustakaan Sekolah”. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Satri Ayu, Ika Rahmatang, Silvia Audilya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat