Olahraga Senam dan Lingkungan Bersih di Lingkungan Masyarakat Kecamatan Mamajang

Fiqhi Saodiq Bahri(1*), Asrul .(2), Rini Permatasari Bachrun(3), Nur Azirah .(4), Ignes Sarto(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang melibatkan tubuh untuk bergerak secara aktif sehingga kesehatan jasmani maupun rohani dapat terjaga. Di masa pandemi ini kegiatan olahraga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Manfaat olahraga secara rutin yang dapat dirasakan yaitu mencegah penyakit jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai manfaat olahraga ini dapat di maksimalkan jika hidup di lingkungan yang bersih. Lingkungan bersih merupakan suatu keadaan dimana lingkungan sekitar menjadi bersih, tidak hanya dari sampah maupun polusi. Manfaat menjaga kebersihan lingkungaan yaitu air menjadi lebih bersih, aman untuk di minum, dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Tetapi kesadaran masyarakat untuk berolahraga dan berperilaku hidup bersih masih kurang, sehingga kami mengadakan senam sehat dan kegiatan membersihkan lingkungan sebagai salah satu program kerja kami. Kegiatan ini di ikuti oleh masyarakat di Kelurahan Pa­’Batang Kecamatan Mamajang. kegiatan ini berlangsung selama enam minggu mulai dari tanggal 4 Oktober sampai 8 November 2020 dengan dua sesi, yaitu kegiatan senam sehat dan kegiatan membersihkan lingkungan. Kegiatan senam sehat dan kegiatan membersihkan membersihkan lingkungan berjalan dengan baik dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kata Kunci : Kesehatan, Lingkungan Bersih,  Olahraga, Pandemi, Senam.


Full Text:

PDF

References


Dwijayanti, K. (2016). Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Cerdas Bugar Indonesia (SBCI) 2013 dan Senam Aerobik Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa Putri XI pada SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah PENJAS, 2(1), 16-30.

Purwanto. (2011). Dampak Senam Aerobik terhadap Daya Tahan Tubuh dan Penyakit. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1), 1-9.

Riri Nuraeni, M. R. (2019). Pengaruh Senam Lansia terhadap Tingkat Kebugaran Fisik pada Lansia berdasar atas Uji Jalan 6 Menit. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains (JIKS), 1(2), 121-125.

Wowon Priatna, J. W. (2020). Peningkatan Lingkungan Bersih dan Sehat pada Desa Kedung Jaya Kecamatan Babelan Bekasi. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 39-44.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fiqhi Saodiq Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat