Tanaman Obat Sekolah (TOS) sebagai Program Pengajaran Edukatif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Obat Herba di UPTD SDN 150 Inpress Toddopuli

Nur Mutmainnah(1*), Ainun Mardiyah(2), Aminah Aminah(3), Firawati Firawati(4), Intan Junaeda(5), Marwa Marwa(6), Summiati Summiati(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemahaman mengenai jenis obat dan pemanfaatannya perlu dilakukan sejak dini, agar pengetahuan anak-anak terhadap obat asli Indonesia akan meningkat. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai tanaman obat adalah melalui program pengajaran edukatif berupa Tanaman Obat Sekolah (TOS). Tanaman Obat Sekolah (TOS) sebagai program pengajaran edukatif yang berupa pengadaan tanaman obat di lingkungan sekolah beserta dengan informasi seputar manfaat dan cara pengolahan tanaman hingga menjadi obat herba. Terdapat 32 jenis tanaman obat dengan khasiat yang berbeda yang ada di lahan Tanaman Obat Sekolah. Pelaksanaan program kerja Tanaman Obat Sekolah (TOS) berlansung selama dua pekan, terhitung mulai tanggal 08 Oktober sampai 17 Oktober 2020.


Keywords


Pendidikan Pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. K., Rizal, E., & Saepudin, E. (2015). Kemampuan Literasi Informasi Siswa tentang Apotek Hidup Berbasis Individual Competence Framework. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 9–32.

Harniawati, D., Krisnawati, & Widya, T. Y. (2014). Edukatif tentang Penerapan Hidup Sehat pada Sekolah Dasar di Kediri Tocap ( Toga Education Programs ) Through Improving Educative Teaching For Implementing Of Healthy Life At Elementary School In Kediri. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1084–1087.

Julianti, T. B., & Ressandy, S. S. (2020). Program Edukasi “ TOLUNI ” (Tanaman Obat Keluarga Usia Dini) di SDN 015 Kota Samarinda. Abdi Geomedisains, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i1.97

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar yang Diberikan. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9.

Srihartati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupate Pelalawan. Universitas UIN Suska Riau.

Zulyetti, D. (2019). Studi pengetahuan siswa terhadap jenis, khasiat dan cara pemanfaatan tanaman obat yang terdapat di lingkungan sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 122–132.


Article Metrics

Abstract view : 594 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Mutmainnah, Ainun Mardiyah, Aminah Aminah, Firawati Firawati, Intan Junaeda, Marwa Marwa, Summiati Summiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat