Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Sekolah Senja di Desa Kaluppini Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang

Rusdin Rusdin(1*), Novia Dwi Lestari(2), Arina Arsyad(3), Adityarini Rahmayani(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu permasalahan yang ada di Desa Kaluppini adalah pembelajaran di sekolah yang kurang memadai apalagi karena adanya serangan Virus Covid-19 yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah atau yang kita kenal dengan sekolah online. akibat sekolah online banyak permasalahan yang terjadi seperti susahnya mendapatkan sinyal, kuota yang mahal dan banyak lagi. Karena permasalahan tersebut maka kami membuat program kerja sekolah senja untuk membantu siswa-siswa yang ada di desa tersebut. Sekolah senja adalah pembelajaran yang dilakukan diluar sekolah. Adapun tujuan dari sekolah senja adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan tambahan bagi peserta didik. Sekolah senja ini dilakukan dengan metode ceramah, pemberian materi, dan evaluasi. Peserta terdiri atas siswa di dusun Kajao, dusun Tana Doko dan Datte. Hasil yang dicapai dalam kegiatan sekolah senja ini adalah sebagai berikut: a). minat dan motivasi bagus dan antusias peserta didik dalam mengikuti sekolah senja. b). peserta didik memperoleh pengetahuan tentang membaca, menulis, menghitung dan sebagainya. c). peserta didik dapat mengobati rasa rindunya dalam hal belajar dan bertemu teman-teman. Hambatan yang terjadi dalam program ini adalah kurangnya minat belajar siswa, dan adanya beberapa siswa yang kurang serius pada saat proses belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rusdin Rusdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat