Pembuatan Hand Sanitizer Otomatis di SMKN 1 Soppeng

Haedarwansyah Saputra B.T(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat SMKN 1 Soppeng dengan skema Penerapan Iptek yang telah dilakukan adalah pembuatan alat Hand Sanitizer Otomatis serta memberikan pelatihan penggunaan dan perawatan bagi siswa-siswi di lingkungan sekolah SMKN 1 Soppeng. Alat ini sangat berguna untuk mencegah para siswa untuk tidak bersentuhan langsung dengan tempat Hand Sanitizer, karena cukup dengan mendekatkan tangan maka cairan sanitizer keluar secara otomatis. Keuntungan Hand Sanitizer Otomatis dibandingkan dengan yang manual adalah mencegah terjadinya penularan virus atau bakteri yang menempel di alat karena pemakaian bersama. Yang melatarbelakangi dibuatnya alat ini adalah karena saat ini sedang ada wabah penyakit COVID-19 di mana faktor penyebabnya adalah virus yang menyebar sangat cepat. Salah satu tindakan pencegahan atas penyebaran virus ini adalah dengan menghindari kontak secara langsung terhadap barang-barang atau tempat yang digunakan bersama. Pada alat ini, siswa-siswi di SMKN 1 Soppeng diajari dalam penggunaan alat. Perangkat ini dibuat dengan menggunakan sensor infrared, pompa DC, dan mekanik. Secara sederhana, cara kerja dari perangkat dapat dijelaskan sebagai berikut, saat tangan siswa didekatkan ke alat maka sensor akan mendeteksi tangan siswa tersebut, di mana sinyal dari sensor ini akan diterima oleh sensor infrared, kemudian sensor infrared akan memberikan sinyal pompa untuk menyemprotkan cairan sanitizer secara otomatis.

Kata kunci: alat Hand Sanitizer Otomatis, SMKN 1 Soppeng, pengabdian kepada masyarakat


Full Text:

PDF

References


Dhingra, S., Madda, R. B., Gandomi, A. H., Patan, R., & Daneshmand, M. (2019). Internet of Things Mobile - Air Pollution Monitoring System ( IoT-Mobair ). IEEE Internet of Thing Journal, 6(3), 5577–5584.

Holovatyy, A., Teslyuk, V., Lobur, M., Sokolovskyy, Y., & Pobereyko, S. (2018). Development of background radiation monitoring system based on arduino platform. 2018 IEEE 13th International Scientific and Technical Conference on Computer Sciences and Information Technologies, CSIT 2018 -Proceedings, 1, 121–124. https://doi.org/10.1109/STCCSIT. 2018.8526696


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Haedarwansyah Saputra B.T

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat