Membangun dan Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Lisna Lisna(1*), Syah Risal Putra(2), Azlan Tauzi(3), Rezky Amelia Absar(4), Azizul Nizal(5),

(1) Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pada masa Pandemi sekarang ini, banyak siswa-siswi yang memanfaatkan pembelajaran melalui pembelajaan daring. Tetapi menurut kami, metode ini kurang efektif dalam mengembangkan minat pembelajaran siswa, maka dari itu kami melaksanakan kegiatan Rangking 1 sebagai metode lain yang menurut kami lebih efektif dalam mengembangkan minat belajar siswa. Memadukan metode hiburan serta pengetahuan mampu menarik minat siswa dalam belajar dan menambah pengetahuan umum siswa. Tidak adanya ruang kelas yang mencukupi peserta dari kegiatan ini, maka kami melaksanakan kegiatan ini di Musholah sekolah agar banyak ruang untuk siswa. Kegiatan ini terlaksana dalam waktu 3(tiga) hari dengan membagi tingkatan kelas (1 tingkatan/hari). Peserta pada hari pertama sebanyak 70 orang kelas VII yang hadir, pada hari kedua kelas VIII yang hadirĀ  sebanyak 78 orang, dan pada hari ketiga kelas IX yang hadir sebanyak 68 orang. Pembagian hadiah diberikan pada hari terakhir kegiatan tersebut. Kegiatan ini dapat mengukur pengetahuan umum siswa dan dapat membuktikan bahwa kegiatan ini dapat menarik minat siswa dalam belajar karena peserta yang menghadiri kegiatan di setiap tingkatan mencapai 50% lebih dari total siswa yang ada.


Keywords


Motivasi, Ranking, siswa, belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin Zaenal. (2006). Motivasi dalam strategi pembelajaran dengan pendekatan. ARCS, Online (diakses pada 14 Desember2020;https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/890/4.%20Zaenal%20Abidin.pdf?sequence=1&isAllowed=y).

Abidin Zainal. (2006). Motivasi dalam Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan . ARCS, Online(diakses pada 14 Desember 2020; https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/890/4.%20Zaenal%20Abidin.pdf?sequence=1&isAllowed=y).

Fauziah, A. A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal Jpsd 4.1, Online (diakses pada 14 Desember 2020; https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/93/90).

Kresna , A. J. (2020). Pengaruh Physicak Distancing dan sosial distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan linguistik. Jurnal Syntax Transformation, Online (diakses pada 14 Desember 2020; http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/42.

Kresna, A. A. (2020). Pengaruh physical distancing dan sosial distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan Linguistik . Jurnal Syntax Transformation, Online (diakses pada 14 Desember 2020; http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/42.

Kresna, A. J. (2020). Pengaruh Physcal Distancing dan Sosial Distancing Terhadap kesehatan dalam pendekatann Liguistik. Jurnal Syntax Transformation 1.4, Online (diakses pada 14 Desember 2020; http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/42.

Nurhasana, s. a. (2016). Minat Belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), Online (diakses pad 14 Desember 2020;https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/658/672).

Okta, G. P. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga terhadap Kebugaran Jasmani. Journal Of Sport Science and Fitness, Online (diakses pada 14 Desember 2020;http/eprints.ums.ac.id/32839/2/BAB%20I.pdf).

Prasetyo, R. A. (2019). Pengaruh Ketersediaan LapanganOlahraga Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas V Negeri Gugus Dr Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi. Universitas Negeri Semarang, Online (diakses pada 14 Desember 2020; https://lib.unnes.ac.id/34613/1/1401415198_Optimized.pdf).

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik teori-teori belajar dalam proses pendidikan (Perkembangan Psikologis dan Aplikasi). Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Online (diakses pada 14 Desember 2020; https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/658/672).

Rian, A. P. (2019). Pengaruh Ketersediaan Lapangan Olahraga Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Universitas Negeri Semarang, Online (diakses pada 14 Desember 2020; http://eprints.ums.ac.id/32839/2/BAB%20I.pdf).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3.1, Online (diakses pada 14 Desember 2020; https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/115).


Article Metrics

Abstract view : 1450 times | PDF view : 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lisna Lisna, Syah Risal Putra, Azlan Tauzi, Rezky Amelia Absar, Azizul Nizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat