Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pelestarian Ekosistem Pesisir dan Hutan Mangrove di Pulo Kambing Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo

Marhawati Marhawati(1*), Arvya Rahmadani(2), Astry Astry(3), Gunawan Gunawan(4), Minarni Minarni(5), Rosmaladewi Rosmaladewi(6), Usnul Khatimah(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu kawasan hutan mangrove yang perlu dilestarikan/revitalisasi yaitu pesisir Pulo Kambing. Pohon mangrove di daerah pesisir ini tergolong masih kurang lebat dan kurang diperhatikan, sehingga masih memiliki potensi terjadinya erosi dan abrasi serta peresapan air laut ke daratan. Manfaat mangrove sangat banyak selain mencegah erosi dan abrasi, ini juga menjaga keseimbangan ekosistem didalamnya. Sehingga upaya pelestarian hutan mangrove sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa KKN-PPL Universitas Negeri Makassar dengan tema “Revitalisasi Hutan Mangrove melalui Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Pulo Kambing” bertujuan untuk melestarikan dan menegaskan manfaat utama hutan mangrove di sepanjang pesisir Pulo Kambing. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 November 2020 bertempat di Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Metode kegiatan yang digunakan yaitu penanaman secara langsung di lokasi hutan mangrove. Program ini diharapkan dapat memupuk rasa kepedulian masyarakat akan pentingnya melestarikan hutan mangrove di pesisir Pulo Kambing.

Full Text:

PDF

References


Diah Karunia Binawati, Anak Agung Sagung Alit Widyastuty,(2015). Konservasi Hutan Mangrove Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kawasan Pesisir di Pulau Mengare Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional “Research Month”

Majid, I. (2016). Konservasi Hutan Mangrove Di Pesisir Pantai Kota Ternate Terintegrasi Dengan Kurikulum Sekolah. 4, 10.

Mustofa, A. (2018). Praktik Pembibitan dan Revitalisasi Hutan Mangrove Pesisir Jepara. 2(1), 9.

Ritohardoyo, S., & Ardi, G. B. (t.t.). Media Informasi Pengembangan Ilmu dan Profesi Kegeografian. 11(1), 15.

Saprudin, S., & Halidah, H. (2012). Potensi dan Nilai Manfaat Jasa Lingkungan Hutan Mangrove Di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam, 9(3), 213-219.

Wahyuningsih, D. S., Maulana, E., Wulan, T. R., Ambarwulan, W., Putra, M. D., Ibrahim, F., ... & Putra, A. S. (2016). Efektivitas Upaya Mitigasi Abrasi Berbasis Ekosistem di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Kelautan 2016 Universitas Trunojoyo Madura.


Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marhawati Marhawati, Arvya Rahmadani, Astry Astry, Gunawan Gunawan, Minarni Minarni, Rosmaladewi Rosmaladewi, Usnul Khatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat