Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Nilai Estetika serta Minat Baca

Nurul Rezki Amalia(1*), Suci Ardiani(2), Andi Kameria(3), Magfirah Magfirah(4), Ria Ayunita(5), Fadil Ardiansyah(6),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(6) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mendeskripsikan masalah-masalah atau kebutuhan di sekolah dasar yang belum terpenuhi. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil dari wawancara dengan kepala sekolah terkait masalah ataupun hal yang dibutuhkan sekolah. Tempat pelaksanaan penelitian ini di UPTD SPF SDN 8 Maccope, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Adanya pandemic covid-19, mengharuskan siswa untuk belajar dirumah, sehingga kami memfokuskan untuk meneliti dan membuat program yang berkaitan dengan lingkungan sekolah. Setelah melakukan wawancara dengan kepala sekolah, diketahui bahwa salah satu permasalahan yang ada di sekolah yaitu kurangnya nilai estetika sekolah serta minat baca siswa. Maka dari itu sebagai bentuk peduli lingkungan, salah satu program yang diterapkan di sekolah adalah dengan membuat meja dan kursi taman baca yang terdiri dari beberapa tahap seperti pembuatan meja dan kursi, pengecatan, dan melukis kalimat ajakan serta pepatah Bahasa bugis. Tujuan dari program kerja ini untuk : 1) Memperindah lingkungan sekolah 2) Bisa digunakan peserta didik untuk belajar, membaca buku, serta berdiskusi dengan teman. Hasil dari program kerja ini adalah meningkatnya nilai estetika sekolah dari gerakan peduli lingkungan sekolah serta meningkatnya minat baca siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Antari, D. N., Nenden, S., & Neneng, S. W. (2016). Studi Deskriptif Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Kelas V di Kota Serang. Jurnal Pendidikan, 4 (2), 4.

Agustin, D. (2014). Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah Waru. Jurnal Publikasi, 6.

Benediktus. (2017). Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III A SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Chan, F., Agung, R.K., Amalia, O., Levy, C.D., Arum, S., Aisyah, P. K., & Sulgi, P. (2019). Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2), 191-192.

Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3 (2), 81.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4 (2), 334.

Musriadi. (2012). Usaha-Usaha Pengelolaan Kesehatan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biology Education, 1 (1), 2.

Mulyadi, I., Muhammad R., & Wahyu. (2015). Buku Panduan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Perdana, A., Holilulloh, & Yunisca N. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan, 4.

Ruslan & Sri Hayu Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Sa’diyah, Z. (2015). Peningkatan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Bani Hasyum Singosari Malang. (Tesis). Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tifani, A., G. (2015). Pengaruh Daya Tarik Fisik Dan Keindahan Lingkungan Pada Kepuasan Pelanggan Dan Minat Word Of Mouth Pada Produk Perumahan. (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Utami, R. D., Dwi, C. W., & Yudita, S. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 180-181.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Rezki Amalia, Suci Ardiani, Andi Kameria, Magfirah, Ria Ayunita, Fadil Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat